Kasus Terus Melandai, Menkes Sebut Warga RI Punya ‘Super Immunity’ Covid-19

Pelayananpublik.id- Kasus Covid-19 terus menurun di Indonesia belakangan ini terus menunjukkan penurunan. Sehingga saat ini pemerintah mulai melonggarkan kebijakan PPKM yakni masyarakat bebas bermobilisasi asal sudah melakukan vaksin dosis ketiga alias booster.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun mengungkapkan bahwa kasus Covid-19 dalam negeri terus menurun.

Hal ini tercermin dari reproduction number (R0) atau angka reproduksi rata-rata Covid-19 Indonesia menuju 1.

Reproduction number atau angka reproduksi adalah rata-rata banyak orang yang terinfeksi akibat terpapar dari 1 orang yang positif atau sakit.

“Angka reproduction number Indonesia sudah mendekati satu. Namanya epidemi itu kalau terkontrol dari para epidemiologis kalau reproduction number di bawah 1,” jelasnya dikutip dari CNBN Indonesia, Rabu (23/3/2022).

Sebagai informasi, R0 ini semakin tinggi angkanya, maka semakin besar peluang kasus positif meningkat, begitu pun sebaliknya. Bahkan, Budi Gunadi mengatakan masyarakat Indonesia memiliki double immunity (kekebalan ganda).

“Masyarakat Indonesia memiliki double immunity. Immunity yang berasal dari infeksi dan immunity yang berasal dari vaksinasi,” ungkap Budi Gunadi dalam Konferensi Persnya, Rabu (23/3/2022).

Menurut Budi Gunadi, kombinasi dari double immunity ini membuat super immunity. “Super immunity, jadi imunitas yang lebih kuat dan berdaya tahan lebih lama,” tuturnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.