Creative Business Solutions Ninja Express Siap Bantu UMKM Sampai Tujuan

Pelayananpublik.id– Acara peresmian Creative Hub Ninja Express Medan diselenggarakan pada Kamis, 17 Maret di Cradle Coworking & Event Space Jl. Iskandar Muda No.127, Sei Sikambing D. Ninja express hadir dengan creative solutions sebagai dukungan pemasaran online dan offline.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kota Medan, Beni Iskandar Nasution, sangat antusias dengan kehadiran ide kreatif Ninja Express yang turut membantu UMKM, sekaligus menggerakkan roda perekonomian.

“Saya dan jajaran pemerintahan kota Medan sangat menyambut baik dan berterimakasih banyak kepada Ninja Express untuk bisa membantu UMKM di Kota Medan untuk berkembang. Sebab pemberdayaan UMKM menjadi salah satu upaya Pemko Medan untuk memutar roda ekomomi” ungkap Beni.

Sementara semangat meluncurkan Creative Business Solutions di Kota Medan sendiri dilatarbelakangi adanya potensi besar UMKM lokal untuk berkembang, khususnya dalam dunia digital. Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress juga berharap bisa meluncurkan Creative Business Solutions di wilayah lain di Sumatera Utara.

“Sejalan dengan semangat kami untuk membantu UKM bersaing di dunia digital, kami optimis peluncuran program Creative Business Solutions ini dapat mendorong produktivitas pelaku UKM di Sumatara Utara dengan berbasis teknologi dan digital. Kami melihat potensi yang luar biasa dari UKM khususnya di Kota Medan, oleh karena itu kami hadir di Medan. Tidak menutup kemungkinan adanya peluncuran program lain atau perluasan Creative hub di wilayah lain di sumatera utara” jelas Andi.

Menurut data laporan Suara UKM Negeri, sebanyak 57% UKM mengharapkan bantuan untuk melakukan promosi menggunakan iklan Facebook/Instagram.

Serta 56% UKM menginginkan bantuan penggunaan influencer untuk mempromosikan produknya.

Berangkat dari keluhan UMKM ini, Ninja Xpress menghadirkan Program Creative Business Solutions yang diharapkan dapat membantu pelaku UKM berkembang lebih pesat. Salah satu wujud nyata dari Creative Business Solutions adalah Creative Hub, berupa dukungan fasilitas bagi para UKM untuk melakukan foto dan video produk. Tentunyan hal tersebut dilakukan secara profesional dan diberikan gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress.

“Shipper bisa menghubungi creative hub sesuai dengan regional nya, kemudian mengirimkan produk yang ingin di foto. Terakhir kita juga ada akan kurasi, memastikan foto produk sudah oke, baru produk di kembalikan pada drop shipper lengkap dengan soft file foto produk nya melalui email” Jelas Raja Pasya, selaku Offline Content Marketing

Selain Creative Business Solutions, Ninja Express juga memberikan beberapa layanan unggulan lainnya meliputi pinjaman modal oleh Ninja Express punya kerja sama dengan bank, salah satunya adalah zenius, Ninja Direct membantu impor bahan baku yang aman dan nyaman.

Ada juga KuRasi yakni pusat pelatihan dan pendampingan oleh Ninja Express bagi UMKM

Kemudian ada AksiLerasi pengembangan jenjang usaha yang dilakukan secara online dengan kelas kelas pelatihan serta Ninja Buddies dan Point Reward.

Dalam acara itu, Chairul Saleh, Agen Sancu Medan yang tergabung sebagai dropshipper Ninja Express membuka tokonya melalui E-commers menyampaikan kisahnya yang merasa sangat terbantu dengan adanya dukungan dari Ninja Express.

Foto produk sebagai salah satu program Ninja Express menghidupkan kreativitas dan orisinalitas untuk produk UMKM.

“Masa pandemi membuat saya mau ga mau saya paksakan diri untuk online. Nah, dengan adanya Ninja salah satunya foto produk sangat membantu saya berekspresi di Medan dengan foto produk sendiri. Selain foto produk, COD menjadi salah satu program yang membantu kami para UMKM. Harapan saya semoga ke depan nya Ninja express bisa lebih membantu dan bermanfaat bagi kami UMKM” Ujar Chairul.

Nyatanya, masa pandemi malah serta-merta meningkatkan transaksi jual beli secara online. Sebab kebutuhan rumah tangga harus tetap berjalan, namun sulit untuk keluar rumah. Maka tak heran jika terjadi peningkatan dua kali lipat dalam pengiriman barang melalui Ninja Express.

“Pembelian online ataupun pengiriman barang meningkat lebih dari 200% dimasa pandemi. Ninja Express memiliki target untuk bisa 4x lebih baik dari tahun sebelumnya” Jelas Ribka Pratiwi selaku Head of Public Relations Ninja Express. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.