T/L 275 kV Sigli-Ulee Kareng Segera Energize, Sistem Elektrifikasi Aceh Bakal Semakin Andal

PelayananPublik.id – PT PLN (Persero) terus membuktikan komitmennya dalam menerangi hingga seluruh pelosok Negeri. Keandalan listrik menjadi salah satu langkah yang terus dilakukan.

Kali ini, lewat UIPSBU yang membawahi UPP Sumbagut 1, PLN segera memberikan tegangan pertama (energize) Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Sigli-Ulee Kareng 275 Kilo Volt yang ada di Provinsi Aceh.

GM PLN UIPSBU Octavianus Duha menuturkan, hingga saat ini, proses pembangunan Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) masih terus berjalan.

“Laporan terakhir dari UPP Sumbagut 1 saat ini memasuki tahap Inspeksi dan Final Check T/L 275 kV Sigli-Ulee Kareng dimulai dari section 5 lalu berlanjut ke-4 section lainnya yang merupakan buah kolaborasi UPP Sumbagut 1, Pusertif, UPT Banda Aceh dan Mitra Kerja Penyedia Barang dan Jasa,” urai Octavianus, Kamis (3/3/2022).

Secara rinci ia juga menjelaskan, proses pekerjaan Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi dan SUTET 275kV Sigli-Ulee Kareng (2×450 mn2) 179 kms yang sedang dalam masa finishing diantaranya tower sebanyak 240 dan telah di erection sejumlah 239 serta stringing 202. Dengan progres T/L overall 93,45%. Seluruh pekerjaan ditargetkan akan COD pada semester 1 2022

“Proyek yang kita kerjakan ini dalam rangka memperkuat sistem kelistrikan di Aceh. Karena itu, tentunya diperlukan sinergi antar unit PLN dan dukungan stakeholders serta masyarakat agar pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Octavianus Duha juga memastikan, di masa pandemi Covid-19 ini, seluruh kegiatan pengerjaan proyek tetap dilakukan standart operational procedure (SOP).

“Terutama dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan implementasi K3 di setiap aspek pekerjaan,” pungkasnya. (TY)

Leave a Reply

Your email address will not be published.