Resmi Dibuka, Begini Syarat dan Cara Pendaftaran SPAN PTKIN 2022

Pelayananpublik.id- Siswa-siswi SMA sederajat kini mulai mempersiapkan diri menuju universitas impian masing-masing. Mereka membekali diri dengan belajar giat sambil menunggu seleksi masuk perguruan tinggi dibuka.

Nah, untuk saat ini salahsatu pendaftaran seleksi telah dibuka yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2022.

Sebagai informasi, SPAN-PTKIN adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Jadi lewat seleksi ini, Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

Adapun siswa yang berpotensi lulus SPAN-PTKIN, adalah siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya.

Pendaftaran SPAN PTKIN 2022 dibuka mulai Jumat (4/3/2022) hingga Kamis (31/3/2022).

Seleksi ini dibuka untuk siswa SMA, MA, MAK, SMK, hingga pesantren Mu’adalah yang telah didaftarkan kepala sekolah atau madrasah masing-masing dapat mengikuti seleksi SPAN PTKIN 2022.

Setelah mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk SPAN PTKIN 2022 yang dibuka pada 7-28 Februari 2022 lalu, bersamaan dengan masa verifikasinya, mereka dapat melaju ke tahap pendaftaran SPAN PTKIN 2022.

Dikutip dari laman resmi span-ptkin.ac.id, berikut persyaratan pendaftaran SPAN PTKIN 2022.

– Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

– Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah masing – masing.

– Siswa MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2022.

– Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi.

– Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

– Memiliki nilai rapor Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1 yang telah diisikan di PDSS.

Cara Mendaftar

Adapun cara mendaftar SPAN PTKIN 2022 adalah sebagai berikut:

– Registrasi siswa menggunakan NISN dan email yang masih aktif di siswa.span-ptkin.ac.id

– Validasi akan dikirim ke email siswa

– Login pada siswa.span-ptkin.ac.id

– Cek data dan nilai rapor (hubungi operator sekolah jika ada data dan nilai yang salah)

– Unggah rapor kelas XI/1, XI/2, XII/1, dan prestasi tambahan

– Tahapan terakhir, cetak bukti pendaftaran.

Demikian persyaratan dan cara daftar SPAN PTKIN 2022. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *