Terancam 20 Tahun Penjara Karena Kasus Binomo, Ini Sumber Duit Crazy Rich Medan

Pelayananpublik.id- Indra Kesuma alias Indra Kenz kini tengah mendekam di penjara usai ditetapkan menjadi tersangka kasus dugaan investasi bodong aplikasi Binomo.

Pria yang sering disebut crazy rich asal Medan itu resmi ditahan Bareskrim pada Jumat (25/2/2022).

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan mengatakan Indra ditahan di Rutan Bareskrim Polri, Jakarta Selatan (Jaksel) selama 20 hari ke depan.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkap Indra terancam hukuman penjara selama 20 tahun. Sejumlah asetnya juga sudah disita polisi.

Sebelum ditangkap, Indra terkenal sebagai selebgram yang senang memamerkan uang dan kekayaannya di media sosial.

Ia juga sempat membuat pernyataan bahwa miskin merupakan sebuah privilege atau hak istimewa seseorang pada awal Februari lalu.

Kontennya memamerkan harta seperti seorang sultan tentu saja mencuri perhatian warganet. Ia sering menampilkan barang mewah, bahkan sempat membeli mobil Tesla seharga Rp 2,7 miliar lewat e-commerce hanya karena tak bisa tidur dan ‘gabut’.

Lalu darimana uang yang didapat Indra Kenz?

Dikutip dari detik.com, inilah sumber kekayaan Indra Kenz si Crazy Rich Medan yang kini terjerat dugaan penipuan investasi.

1. Kursus Trading

Indra sering mempromosikan kegiatan trading yang bisa menghasilkan banyak uang. Banyak orang yang tertarik karena dianggap sebagai pekerjaan santai yang menghasilkan banyak uang. Indra pun membuka website kursus pendidikan yang mengajarkan orang untuk belajar trading. Situs ini dihadirkan untuk mengajarkan trading bagi para pemula. Lewat kursus trading inilah, Indra Kenz mulai merintis berbagai bisnis lainnya. Kursus trading online tersebut dikenal dengan nama kursustrading.com.

2. Creative Agency (Disotiv)

Selain kursus trading, Indra juga membuka usaha lain yakni Disotiv Agency. Ini merupakan agensi kreatif yang ia dirikan dengan menawarkan berbagai jasa seperti videografi, fotografi, web design, hingga production house. Di perusahaan agensi kreatif di bawah naungan PT Disotiv Citra Digital ini, Indra menjabat sebagai direktur utama.

3. Marketplace dan Ekspedisi

Indra Kenz juga merintis marketplace untuk shopping dan retail yang bernama Depatu, di mana marketplace ini menawarkan kemudahan pelayanan bagi penjual dan pembeli agar saling terhubung. Untuk pengiriman barangnya sendiri ia memiliki agen khusus miliknya.

4. Bar dan Lounge (Red Wolf Indonesia)

Mempunyai banyak uang tentu memudahkan seseorang untuk membuka berbagai macam usaha. Salahsatu usaha yang dirintis Indra adalah bisnis Bar & Lounge yang bernama Red Wolf Indonesia, di mana bisnis ini juga menawarkan perform live musik dan juga DJ.

5. Kuliner

Bisnis lain yang dimiliki Indra Kenz adalah kuliner, seperti kafe hingga kuliner berupa hidangan olahan mie dan menawarkan berbagai minuman kopi serta juga makanan kekinian yang banyak disukai anak generasi milenial. Selain Red Wolf Indonesia, beberapa bisnis kuliner miliknya adalah Literally Cafe dan Mie Jongkok.

6. Botxcoint

Mengutip dari detikcom, ada juga Botxcoin yang dikerjakan Indra Kenz saat awal kariernya. Digarap pada 2018, proyek kripto ini sudah tercatat dan masuk dalam listing di bursa luar negeri. Botxcoin baru meluncur di Indonesia pada 2021. (*)