Apa Itu Protokol, Fungsi, Tugas, Manfaat dan Jenisnya

Pelayananpublik.id- Selama pandemi Covid-19 berlangsung, Anda pasti sudah terbiasa mendengar protokol kesehatan. Semua kegiatan yang melibatkan orang banyak biasanya dianjurkan harus memakai protokol kesehatan yang ketat demi menghindari penyebaran penyakit.

Adapun protokol kesehatan atau prokes yang dimaksud adalah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan lainnya.

Di rumah sakit para medis juga menggunakan protokol medis seperti menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), step by step pemberian dosis obat dan sebagainya.

Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan protokol?

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa pengertian protokol, tugas, fungsi, manfaat dan jenisnya.

Pengertian Protokol

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) protokol memiliki beberapa arti yakni:

– Protokol bisa berarti surat-surat resmi yang memuat hasil perundingan (persetujuan dan sebagainya)

– Pengertian Protokol adalah peraturan upacara di istana kepala negara atau berkenaan dengan penyambutan tamu-tamu negara dan sebagainya.

– Arti lain protokol adalah tata cara (upacara dan sebagainya) yang secara internasional berlaku dalam hubungan diplomatik;

– Protokol juga berarti orang yang bertugas mengatur jalannya upacara.

Selain itu, pengertian protokol adalah prosedur resmi atau sistem aturan yang mengatur urusan negara atau acara diplomatik.

Istilah potokol sendiri berasal dari bahasa Inggris yakni protocol, bahasa Prancis protocole, bahasa Latin protocoll(um), dan bahasa Yunani protocollon.

Seiring perkembangan zaman pengertian protokol pun semakin meluas menjadi kebiasaan-kebiasaan dan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan formalitas, tata urutan dan etiket diplomatik.

Tugas dan Fungsi Protokol

Fungsi Protokol sebenarnya adalah untuk memastikan sesuatu tugas berjalan sebagaimana mestinya. Itulah kenapa ada petugas protokol atau protokoler di instansi pemerintahan. Mereka bertugas untuk memastikan kegiatan pimpinan berjalan dengan baik.

Misalnya ada kepala daerah yang akan menghadiri sebuah acara, maka tim protokol akan duluan tiba di lokasi dan menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

Adapun tugas protokol dalam instansi pemerintahan adalah sebagai berikut:

– penyiapan bahan pelaksanaan kebijakan di bidang protokol, komunikasi dan dokumentasi pimpinan;

– penyiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang protokol, komunikasi dan dokumentasi pimpinan;

– penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah terkait protokol, komunikasi dan dokumentasi pimpinan;

– penyiapan bahan penyusunan perencanaan Sekretariat daerah yang meliputi penyusunan rencana strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja) tahunan, Rencana Kerja Anggaran (RKA).

Jenis Protokol

1. Protokol dalam Politik Internasional

Protokol dalam politik internasional merupakan etiket diplomasi dan urusan kenegaraan. Contohnya perjanjian internasional yang melengkapi atau mengubah perjanjian. Protokol adalah suatu aturan yang menjelaskan bagaimana suatu kegiatan harus dilaksanakan, khususnya dalam bidang diplomasi.

Dalam politik internasional, protokol biasanya digambarkan sebagai seperangkat aturan kesopanan internasional. Aturan yang mapan dan dihormati waktu ini telah mempermudah bangsa dan orang untuk hidup dan bekerja bersama.

Dalam bidang ini, ada dua arti protokol yakni sebagai perjanjian internasional yang melengkapi atau mengubah perjanjian dan protokol mewakili sistem kesopanan internasional yang diakui dan diterima secara umum.

2. Protokol dalam Dunia Kesehatan

Nah, ini adalah hal yang sering disebut selama pandemi Covid-19 melanda dunia. Ada yang disebut protokol medis, atau yang lebih dikenal dengan protokol kesehatan.

Protokol medis adalah pedoman perawatan pra-rumah sakit, yang disetujui oleh direktur medis EMS setempat, yang digunakan untuk menangani kondisi medis darurat di lapangan dengan menguraikan perawatan medis yang diizinkan dan sesuai yang dapat diberikan oleh personel layanan medis darurat kepada pasien yang mengalami keadaan darurat medis.

3. Protokol dalam Jaringan Komunikasi

Protokol komunikasi adalah sistem aturan yang memungkinkan dua atau lebih entitas sistem komunikasi untuk mengirimkan informasi melalui segala jenis variasi kuantitas fisik. Protokol mendefinisikan aturan, sintaksis, semantik dan sinkronisasi komunikasi dan kemungkinan metode pemulihan kesalahan. Protokol dapat diimplementasikan oleh perangkat keras, perangkat lunak, atau kombinasi keduanya.

Berbagai protokol sering kali menggambarkan aspek berbeda dari satu komunikasi. Sekelompok protokol yang untuk bekerja sama dikenal sebagai rangkaian protokol; ketika diimplementasikan dalam perangkat lunak, mereka adalah tumpukan protokol.

Demikian ulasan mengenai apa itu protokol, mulai dari pengertian, tugas, fungsi hingga jenisnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *