Jangan Sampai Gagal, Ini Deretan Kesalahan Saat Daftar SNMPTN

Pelayananpublik.id– Salahsatu jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

SNMPTN sendiri telah dibuka sejak 14 Februari hingga 28 Februari mendatang. SNMPTN ini merupakan jalur pertama seleksi masuk PTN yang bisa diikuti siswa kelas XII.

Untuk masuk PTN jalur SNMPTN, murid harus memiliki nilai rapor yang bagus artinya jalur ini mengandalkan rekomendasi dari sekolah. Pihak panitia akan mempertimbangkan nilai rapor dan akreditasi sekolah serta non-akademik siswa.

Karena bersifat ‘undangan’, pendaftaran SNMPTN tak dipungut biaya sepeser pun. Siswa yang eligible tinggal melakukan pendaftaran melalui situs resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Begitupun, dalam mendaftar SNMPTN, masih banyak siswa yang melakukan kesalahan sehingga

Namun, hingga saat ini masih banyak siswa sehingga meningkatkan risiko gagal masuk PTN favorit.

Untuk itu, Anda perlu menghindari beberapa kesalahan berikut demi meningkatkan peluang untuk mengenyam pendidikan di PTN yang diinginkan.

Adapun kesalahan yang sering terjadi saat mendaftar SNMPTN, mengutip laman Ruang Guru adalah sebagai berikut.

– Kurang informasi

Sebelum mendaftar pastikan cari dulu informasi yang benar soal SNMPTN. Sebab ada banyak informasi terkait SNMPTN yang perlu diketahui siswa. Mulai dari syarat, tahapan pendaftaran, hingga jadwal.

Siswa bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai SNMPTN melalui situs web resmi atau akun media sosial LTMPT.

– Foto tidak sesuai

Salahsatu langkah dalam pendaftaran SNMPTN adalah upload foto. Kesalahan mengupload foto juga sering terjadi dalam pendaftaran.

Siswa kerap pengunggah foto yang tidak sesuai dengan format yang diminta kerap dilakukan siswa. Maka dari itu, perhatikan dengan baik format foto yang diminta oleh LTMPT, termasuk warna latar belakang foto.

– Tidak menganalisis nilai rapor

Siswa disarankan untuk menganalisis nilai rapor selama kelas 10-12. Menganalisis rapor dapat membantu siswa memprediksi kelulusan. Jika nilai rapor terus naik, maka peluang untuk masuk ke jurusan favorit dengan persaingan tinggi semakin besar.

– Tak melampirkan prestasi lain

Tak hanya mempertimbangkan nilai rapor dan akreditasi sekolah, SNMPTN juga memberi peluang bagi siswa yang memiliki prestasi non-akademik.

– Asal Memilih Prodi

Sebelum memilih prodi pertimbangkan dulu beberapa hal, yakni sesuai minat dan bakat, daya tampung, tingkat persaingan, passing grade dan lainnya.

– Daftar di Injury Time

Salahsatu kesalahan lain adalah mendaftar saat injury time, atau disaat pendaftaran akan ditutup.

Melakukan pendaftaran di hari-hari terakhir bisa membuat Anda tidak fokus. Anda jadi panik dan terburu-buru, sehingga risiko kesalahan pendaftaran semakin meningkat. Belum lagi kalau ada kendala server, maka pendaftaran akan gagal.

7. Asal buat portofolio

Beberapa prodi dalam SNMPTN mengharuskan siswa untuk menyertakan portofolio, misalnya saja prodi seni dan olahraga. Kesalahan saat mendaftar SNMPTN yang terakhir adalah asal-asalan dalam membuat portofolio.

Berikan karya terbaik Anda dalam portofolio yang dikirim. Jangan sampai portofolio dibuat asal-asalan. Portofolio memberikan pengaruh cukup besar dalam menentukan lulus atau tidaknya siswa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *