Jangan Bingung, Ini Beberapa Cara Cek Keaktifan BPJS Kesehatan

Pelayananpublik.id- Keaktifan BPJS Kesehatan merupakan hal penting, apalagi jika Anda ingin menggunakan layanan kesehatan di rumah sakit.

Untuk itu pastikan tertib membayar iuran, dan jangan sampai menunggak agar BPJS Kesehatan Anda bisa digunakan ketika dibutuhkan.

Selain itu penting juga mengetahui status keaktifan kartu BPJS Anda. Sebab jika statusnya tidak aktif berarti Anda tidak bisa menggunakannya.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Lalu bagaimana cara mengetahui BPJS Kesehatan aktif atau tidak?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan aktif atau nonaktif yakni:

1. Lewat Mobile JKN

Peserta dapat mengunduh aplikasi mobile JKN untuk mengecek status BPJS Kesehatan, baik melalui Google Play Store atau App Store.

2. Pakai WhatsApp

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa mengecek status BPJS Kesehatan dengan mengirimkan pesan ke WhatsApp resmi BPJS Kesehatan di nomor 0811-8750-400

3. Telepon Call Center

Anda juga bisa mengecek status kepesertaan Anda dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 yang dapat diakses selama 24 jam selama tujuh hari seminggu.

4. Langsung ke Rumah Sakit

Para peserta juga dapat melakukan pengecekan status dengan mendatangi langsung petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit terdekat. Nantinya, petugas BPJS akan membantu memberikan informasi terkait status kepesertaan Anda. (*)