Fitur Baru Instagram, Pengikut Influencer Akan Ditagih Bayaran

Pelayananpublik.id- Instagram terus melakukan pembaharuan fitur dalam aplikasinya. Salahsatu fitur terbaru yang sedang diuji coba adalah fitur langganan.

Fitur ini memungkinkan Influencer memiliki pengikut yang akan membayar ketika menonton kontennya.

Uji coba fitur tersebut dilakukan pada sejumlah kecil kreator konten dan influencer di Amerika Serikat sejak Rabu (19/1).

Dengan fitur baru itu, para follower atau pengikut akan bersedia membayar biaya bulanan untuk mengakses konten khusus dari kreator konten yang mereka ikuti, seperti tayangan Live dan Stories eksklusif.

Begitupun, para follower yang tidak berlangganan masih bisa menyaksikan konten dari Influencer tersebut namun tidak eksklusif.

Fitur langganan Instagram bertujuan untuk membantu pembuat konten memperkuat koneksi dengan pengikut mereka, serta menghasilkan pendapatan bulanan dengan memberi pengikut akses ke konten eksklusif.

Pengikut juga akan mendapatkan lencana ungu dengan nama pengguna mereka yang menandakan status mereka kepada kreator yang diikuti.

Dilansir dari The Verge, harga yang dikenakan untuk berlangganan akan berkisar dari US$0,99 atau Rp14 ribu hingga US$99,99 atau sekitar Rp1,4 juta per bulan. Harga yang dikenakan untuk berlangganan akan ditentukan oleh kreator konten.

Hinga saat ini, belum ada informasi mengenai metode pembayaran yang akan digunakan pada fitur itu.

Instagram menyatakan bahwa hingga 2023, mereka tidak akan membebankan biaya apapun kepada pembuat konten untuk fitur langganan ini dengan alasan untuk mendukung kreator-kreator tersebut.

Instagram menyebut saat ini ada sepuluh pembuat konten yang menjadi bagian dari uji coba tahap awal, di antaranya pemain bola basket Sedona Prince, atlet olimpiade Jordan Chiles, dan astrolog Aliza Kelly.

“Saya bersemangat untuk terus membangun alat bagi pembuat konten untuk mencari nafkah dengan melakukan pekerjaan kreatif dan segera menempatkan alat ini di tangan lebih banyak pembuat konten,” kata Mark Zuckerberg, CEO Meta dalam sebuah posting Facebook.

Pada 2020 silam, Facebook juga sempat mengumumkan fitur berlangganan yang memungkinkan pembuat konten menghasilkan uang dengan bantuan penggemar mereka. Sekarang model bisnis yang sama diperluas ke platform Instagram. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *