Cara Mencari Kebenaran Foto dan Video Hoaks di Internet

Pelayananpublik.id- Smartphone kini sudah bisa dimiliki oleh siapapun dari berbagai kalangan usia.

Dengan demikian akses informasi baik dari portal berita maupun media sosial sudah semakin gampang didapatkan.

Sayangnya tidak semua pemilik smartphone bersikap smart dan malah gampang sekali percaya dengan konten yang belum jelas kebenarannya.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Media sosial sendiri merupakan tempat penyebaran informasi hoaks terbanyak. Untuk itu para penggunanya harus jeli sebelum percaya, terpengaruh bahkan ikut menyebarkan informasi tersebut.

Di medsos seringkali terlihat foto-foto aneh yang disertai narasi panjang lebar seolah kabar tersebut benar. Namun tak jarang foto dan video digunakan penyebar hoaks untuk mendukung klaim mereka.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa dengan mudah mencari kebenaran foto dan video tersebut.

Berikut ini adalah cara mencari kebenaran foto dan video di internet.

1. Pakai Google Image

Salahsatu cara yang bisa dilakukan adalah dengan pencarian gambar di Google. Pengguna kemungkinan bisa tahu asal foto itu. Selain juga mendapatkan hasil gambar serupa atau obyek pada gambar.

Caranya adalah dengan buka laman Google Image di Browser, klik ikon kamera, upload an image, choose file atau Browse. Pilih gambar dari komputer dan tekan Open atau Choose.

Di Android masuk ke image.google.com. Berikutnya cari gambar yang akan dicek dan klik pada gambar. Di bagian atas kanan, tekan pencarian Visually.

Sementara untuk iPhone dan iPad, Anda bisa masuk ke laman image.google.com. Kemudian cari dan ketuk gambar tersebut. Terakhir tekan pencarian Visually.

Untuk lebih mudahnya, pada Android yang menyediakan Google Image, Anda tinggal pilih Lens. Atau bisa juga masuk ke aplikasi Google lalu tekan Discover dan melakukan pencarian dari Google Lens.

2. Pakai Yandex

Cara kedua adalah pakai web yang bermama Yandex. Yandex ini adalah web asal Rusia yang memungkinkan pengguna menemukan klik pada situs hosting video akses publik.

Dalam laman resminya, Yandex menyebut untuk membuat daftar pencarian akan menganalisa nama, deskripsi, tag dan atribut lainnya. Cara mencarinya pun serupa dengan mencari di Google. Akan ada banyak pilihan pencarian termasuk dengan video atau foto.

Untuk mengecek video bisa hanya dengan memasukkan kata kunci di bar pencarian lalu klik Find. Selain itu dapat juga melakukan screenshot dan memasukkannya dalam mesin pencarian tersebut.

Nah, itulah cara mencari kebenaran dan membedakan foto hoaks di internet. Semoga bermanfaat. (*)