Cara Bikin Akun dan Jual NFT di OpenSea

Pelayananpublik.id– Saat ini marketplace OpenSea sedang diramaikan orang Indonesia yang mencoba peruntungan menjual berbagai macam hal dalam bentuk Non Fungible Token atau NFT.

Hal itu karena viral pemuda bernama Ghozali yang meraup uang Rp1,5 miliar dari menjual foto selfienya di OpenSea.

NFT sendiri adalah token kriptografi yang mewakili barang unik dan disimpan di buku besar digital yang dikenal sebagai blockchain.

Dilansir dari Alphr, NFT memungkinkan seniman memanfaatkan karyanya menjadi aset digital dan menghasilkan sebuah keuntungan dengan menjualnya di marketplace atau pasar digital seperti OpenSea.

“Jual beli aset digital di platform OpenSea sebetulnya relatif mudah. Namun yang harus dicatat adalah menjual NFT di platform ini hanya dapat dilakukan oleh pengguna terdaftar dengan wallet terkonfigurasi,” demikian dilansir dari situs tersebut.

Namun sebelum masuk ke sana sebaiknya pahami dulu sistem penjualan aset digital NFT.

Untuk menjual sesuatu di OpenSea, Anda tentu harus punya akun terlebih dahulu. Kemudian buat aset digital NFT dengan sejumlah detail penjelasan yang mendukung penjualan. Terakhir melakukan penjualan di marketplace OpenSea.

Lalu bagaimana cara membuat akun NFT untuk jual beli di OpenSea?

Pertama Anda harus masuk dulu ke situs OpenSea lewat aplikasi browser. Anda bisa masuk ke dalam situs tersebut pakai MetaMask.

Jika sudah, silakan unduh browser extension MetaMask. Kemudian klik “Create A Wallet” atau dompet digital.

Buat sandi akun Anda, Baca ketentuan situs yang muncul, lalu klik kotak “I Have Read” dan selesaikan dengan klik “Create.”

Otomatis halaman perkenalan MetaMask akan muncul dengan “Secret Recovery Phase,” maka pilih simpan data tersebut dengan baik dan masukan urutannya dengan benar.

Kemudian pilih “Confirm” dan akan muncul notifikasi yang berisi akun sudah berhasil diaktifkan dan klik “All Done.”

Setelah punya akun, buka kembali situs OpenSea. Perhatikan ketika masuk situs kedua kali, akan muncul notifikasi dari MetaMAsk dan pastikan informasi telah benar, lalu klik “Next” serta notifikasi kedua, klik “Next.”

Tanda pengguna baru berhasil masuk marketplace OpenSea adalah muncul ilustrasi OpenSea yang sudah terhubung dengan MetaMask dan cara membuat akun NFT untuk jual-beli di OpenSea berhasil.

Cara Menjual NFT

Dikutip dari CNBC Indonesia, ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membuat NFT.

Pertama pilihlah item berupa karya seni yang akan diperjualbelikan. Contohnya lukisan digital, teks, musik, dan video. Pilih item yang secara harfiah bisa diproduksi sebagai file multimedia.

Kemudian Anda harus memiliki mata uang kripto “Ether” atau ETH yang memungkinkan kegiatan jual beli di OpenSea. Langkah termudah untuk menyiapkannya adalah membuat akun di MetaMask yang sudah dilakukan di atas secara gratis.

Miliki setidaknya Ether senilai US$ 100, tetapi ketahuilah bahwa proses pembuatannya dapat menghabiskan lebih banyak biaya, berdasarkan harga operasional harian.

Selain itu Anda juga harus memilih pasar untuk bisa menjual aset digital yang sudah disiapkan sebelumnya. Pasar digital yang paling populer adalah OpenSea, Mintable, dan Rarible. Masuk ke situs OpenSea dan hubungan dompet digital yang sudah dibuat.

Terakhir, pastikan dompet ETH sudah terhubung ke OpenSea untuk membuat NFT pertama. Begini langkahnya:

– Klik “Buat” di menu atas dan buat koleksi.

– Isi semua informasi yang dibutuhkan, lalu simpan.

– Klik item baru atau aset digital yang sudah disiapkan sebelumnya dan jelaskan detail yang dijual dari karya seni tersebut.

– Klik “Buat.”

Ketika karya seni atau aset digital berhasil dibuat di OpenSea, langkah selanjutnya memahami cara menjual NFT agar bisa memberikan keuntungan. Ini penjelasan cara menjual NFT di OpenSea melansir dari Alphr:

1. Masuk ke situs OpenSea.io

2. Log in ke akun yang sudah pernah dibuat

3. Klik foto profil di bagian kanan atas

4. Klik  ‘Profile’

5. Pilih NFT atau aset digital yang ingin dijual dari wallet

6. Pilih ‘Sell’ untuk berpindah ke halaman penjualan

7. Pilih jenis dan harga jual, dengan menetapkan harga tetap atau lelang

8. Jika Anda pilih lelang silakan masukkan harga awal, waktu kedaluwarsa, dan batas ambang harga

9. Durasi penjualan bisa berlangsung selama satu hari, tiga hari, atau seminggu

10. Saat pengaturan penjualan selesai, klik ‘Complete Listing’

11. Untuk penjualan pertama, verifikasi wallet dengan cara menyelesaikan dua buah transaksi

– Yang pertama untuk menginisialisasi akun untuk penjualan

–  Sementara yang kedua untuk memberikan akses item ke OpenSea saat penjualan berlangsung

12. Sesudah membayar fee, konfirmasi rincian penjualan dan post NFT yang ingin dijual di OpenSea

13. Setelah memasukkan aset digital NFT ke daftar jual, kolom ‘Activity’ di sebelah kiri bisa digunakan untuk melihat daftar aset digital yang sedang dijual.

Demikian ulasan mengenai cara membuat akun dan cara menjual NFT di OpenSea. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *