Cara Check-in PeduliLindungi Saat Jaringan Offline

Pelayananpublik.id– Aplikasi PeduliLindungi saat ini menjadi aplikasi penting dan wajib dimiliki di masa pandemi. Aplikasi ini diperlukan dalam pengendalian Covid-19, sehingga setiap orang diwajibkan memilikinya untuk kepentingan tertentu.

Namun kadang, aplikasi justru tidak bisa dibuka misalnya ketika susah sinyal. Padahal kewajiban check-in adalah syarat memasuki sebuah kawasan.

Tapi jangan khawatir karena kini aplikasi Peduli lindungi telah mendapatkan pembaruan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan check-in meski koneksi internet kurang baik atau bahkan offline.

Fitur check-in pada aplikasi PeduliLindungi membantu otoritas terkait mengawasi tingkat kepadatan di sebuah kawasan.

Aplikasi ini juga dapat membantu melacak pengunjung yang berinteraksi di kawasan tersebut jika dalam suatu waktu ada kasus Covid-19 yang terdeteksi di sana.

Fitur check-in telah diterapkan pada hampir setiap ruang publik di berbagai kota sebagai syarat untuk memasuki area ruang publik tersebut.

Hal itu diumumkan lewat akun Instagram PeduliLindungi baru-baru ini.

“Keterbatasan jaringan seluler di lokasi tertentu menjadi kendala paling umum yang sering dialami. Oleh karenanya, hadir fitur baru Offline Check-In PeduliLindungi yang akan memudahkan kamu untuk check-in dimana saja meski minim sinyal,” bunyi pengumuman tersebut.

Sejauh ini penggunaan fitur terbaru di Peduli Lindungi tidak berbeda dengan proses check-in sebelumnya. Hanya saja yang terbaru adalah kemampuan aplikasi melakukan check-in meski ponsel dalam kondisi tidak ada jaringan baik karena sinyal di lokasi yang buruk maupun kuota pada ponsel yang habis.

Untuk menggunakan fitur offline check-in, pengguna hanya perlu melakukan pembaruan aplikasi dari Google Play store untuk perangkat Android atau App Store untuk perangkat iOS.

Berikut cara melakukan offline check-in pada aplikasi PeduliLindungi:

1. Buka Aplikasi PeduliLindungi dari perangkat Android atau iOS

2. Scan QR Code di bagian kiri atas

3. Pilih ‘I Agree’ pada permintaan izin akses kamera

4. Arahkan kamera ponsel pada QR Code yang ada di lokasi

5. Pilih Check-in

6. Notifikasi check-in sukses akan muncul di layar

Ketika tidak memiliki koneksi internet, aplikasi PeduliLindungi juga akan menampilkan pemberitahuan di layar kalau ponsel Anda tidak memiliki koneksi, dan aplikasi akan menunjukkan status warna berdasarkan informasi check-in paling terakhir. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *