Lagi Ramai, Kenali Modus Penipuan Investasi di NFT

Pelayananpublik.id- Non-fungible Token (NFT) kini sedang ramai diperbincangkan. Banyak orang yang penasaran bagaimana menghasilkan uang atau berinvestasi di industri NFT dan menjadi kaya.

Namun, berinvestasi di industri ini tentu memiliki resiko. Sebab jika tidak jeli, Anda bisa saja terjebak penipuan dan merugi.

Penipuan yang terjadi di NFT baru-baru ini adalah dengan modus rug pull (tarikan karpet) yang dianggap menyerang investor yang lengah.

Rug pull sendiri merupakan sebutan untuk manuver umum yang dilakukan pengembang jika ingin melarikan diri dengan keuntungan tinggi. Modus ini biasanya terjadi di industri kripto dan NFT.

Dilansir dari Tech Times, dalam satu tahun terakhir terdapat peningkatkan kasus rug pull. Berikut ini sejumlah fakta mengenai modus tersebut, dikutip Jumat (14/1/2022):

Saat pembuat game P2E (play-to-earn) meninggalkan permainan berpenghasilan tinggi tanpa pemberitahuan itu juga disebut sebagai rug pull. Jika hal itu terjadi maka si investor tidak akan memiliki dana untuk diambil.

Biasaya yang jadi target adalah DeFi (Decentralized Finance). Tech Times menuliskan jika ada token baru dan terdaftar di bursa tertentu, jangan terburu-buru untuk berinvestasi di dalamnya.

Nah, baru-baru ini rug pull juga terjadi dan merugikan banyak orang.

Sebuah proyek berbasis NFT Frosties menderita rug pull setelah melihat nilai 8.888 NFT tiba-tiba jatuh ke hampir nol. Tim telah mendapatkan US$1,3 juta namun tidak berakhir di sana.

Ini terjadi pada hari Selasa (11/1/2022) kemarin

Para pengguna menemukan ada penyusup yang tidak dikenal menarik US$1,1 juta (ETH) dan token Ether senilai $4000 dalam dua hari terakhir.

Dengan demikian tentu penting bagi Anda untuk waspada dan mempelajari beberapa hal sebelum berinvestasi dalam sebuah NFT.

Dilansir dari Forkast berikut ini adalah ciri modus penipuan di NFT.

– Proyek yang Muncul Tiba-tiba

– Pengembang proyek anonim

– Tingkat likuiditas rendah

– Likuiditas tidak terkunci

– Distribusi token yang tidak merata

– Nilai total terkunci (total value locked) rendah

– Rendahnya kemunculan di media sosial dan website mencurigakan

– Tidak ada audit.

Namun menurut Tech Times ada ada empat aplikasi untuk anti rug pull yakni Token Sniffer, Rug Doctor, Binance Smart Chain Explorer, Etherscan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.