Cara Mudah Cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Pelayananpublik.id- Selama pandemi banyak perusahaan yang memutuskan untuk merumahkan karyawannya. Ribuan orang terpaksa kehilangan pekerjaan dan pemasukan.

Karena itu mengklaim dana Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan.

Kini, mengklaim dana JHT tidak harus datang ke kantor BPJS melainkan bisa dilakukan dengan layanan online.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Dengan demikian Anda tidak perlu repot-repot antre untuk mencairkan dana JHT Anda

BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek saat ini telah memiliki layanan online bertajuk BPJSTKU. Layanan online ini cukup canggih sehingga para peserta tak perlu lagi datang ke cabang untuk mendapatkan sejumlah layanan.

Adapun layanan yang bisa digunakan di aplikasi BPJSTKU adalah mengecek saldo dan rincian JHT tahunan, profil peserta, simulasi saldo JHT, dan formulir pengajuan klaim online.

Untuk pelayanan BPJSTKU, peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek cukup klik https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Nah jika Anda ingin mengklaim JHT secara online maka Anda harus menyiapkan syarat sebagai berikut:

– Kartu peserta tenaga kerja asli dan fotocopy

– Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotocopy
– Kartu Keluarga (KK) asli dan foto copy
– Foto copy verklaring atau surat keterangan pemberhentian bekerja dari perusahaan
– Formulir klaim JHT yang sudah diisi
– Buku tabungan atas nama peserta JHT sendiri
– Foto peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Karena Anda mengurusnya secara online, maka seluruh dokumen wajib discan, sehingga nantinya akan lebih mudah saat harus mengunggah dokumen. Scan dokumen menentukan sukses tidaknya cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online.

Nah, selanjutnya Anda bisa membuka https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan isi formulir pengajuan klaim online

Data dalam formulir pengajuan klaim online yang harus diisi adalah Nomor E-KTP, nama lengkap, tanggal lahir, nomor KPJ, alasan klaim, nomor ponsel dan alamat email.

Jika sudah mengisi seluruh data, silakan masukkan kode verifikasi atau PIN yang dikirim lewat SMS atau email.

Peserta wajib mengunggah dokumen yang diperlukan untuk klaim online

Dokumen yang diperlukan dalam cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online sama dengan offline.

Seluruh dokumen dilampirkan dalam formulir pengajuan klaim diajukan sesuai format yang diperlukan.

Setelah itu, Anda tinggal menunggu konfirmasi BPJS Ketenagakerjaan

Jika klaim disetujui, peserta BPJS Ketenagakerjaan akan menerima notifikasi. Pemberitahuan ini wajib dicetak dan dibawa ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang telah dipilih. Proses transfer saldo dilakukan saat peserta telah sampai kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Peserta bisa memanfaatkan antrian online yang telah disediakan BPJS Ketenagakerjaan. Hasilnya cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online tidak perlu menunggu terlalu lama. (*)