Makam Nabi Muhammad di Nabawi Hanya Boleh Dikunjungi Laki-laki

Pelayananpublik.id- Makam nabi Muhammad SA W yang berada di Nabawi kini tidak lagi boleh dikunjungi jemaah perempuan.

Hal itu karena Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi memberlakukan aturan baru yakni hanya kaum laki-laki yang boleh berkunjung ke zona makam yang dikenal dengan Raudhah atau Taman Surga tersebut.

Namun, dalam aturan itu disebutkan kaum wanita masih boleh beribadah di Masjid Nabawi.

Selain itu, para kaum pria yang ingin mengunjungi Rhaudhah pun harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi Eatmarna dengan waktu tunggu selama bulan (30 hari), menurut laporan koran Saudi, Okaz.

Diberitakan Gulf News, Kementerian Haji dan Umrah Saudi memastikan tidak ada batasan atau larangan untuk jemaah melaksanakan salat lima waktu di Masjid Nabawi.

Namun, bagi para jemaah yang ingin beribadah di kawasan Raudhah dan mengunjungi makan Nabi Muhammad tetap harus reservasi terlebih dahulu via Eatmarna.

Selama ini kawasan Rhaudhah memang terletak di zona salat bagi kaum lelaki.

Syarat lainnya adalah jemaah harus menyertai sertifikat vaksin Covid-19 lengkap yang terlampir dari aplikasi Tawakkalna.

Diketahui, Arab Saudi sendiri sedang mengalami kenaikan kasus harian Covid-19. Pada Minggu (9/1), kerajaan mengonfirmasi 3.460 kasus baru, membuat total kasus di negara itu mencapai 578.753.

Akibat lonjakan kasus yang terjadi beberapa waktu lalu, Arab Saudi kembali menerapkan pembatasan sosial. Salah satunya adalah saf salat jarak di Masjidil Haram, Mekkah, dan Masjid Nabawi, Madinah.

Pihak berwenang Saudi mengatakan akan menerapkan kembali “persyaratan jarak sosial antara jamaah dan peziarah” di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, seperti dikutip AFP. Kebijakan tersebut berlaku sejak 30 Desember. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *