Halau Fake Account, Verifikasi Akun Instagram Sekarang Harus Pakai Foto Selfie

Pelayananpublik.id- Mengambil tindakan atas banyaknya fake account atau akun palsu, Instagram kini memperketat syarat verifikasi.

Dilansir dari Indian Express, Instagram kini mulai mewajibkan adanya foto selfie atau swafoto sebagai syarat verifikasi identitas.

Informasi ini berasal dari tangkapan layar yang dibagikan oleh konsultan media sosial Matt Navara.

Dari informasi itu juga diperoleh kabar bahwa proses verifikasi identitas baru akan membantu Instagram memahami apakah pengguna tertentu adalah orang sungguhan atau bukan.

Jadi Instagram akan meminta sebuah video pendek memutar kepala Anda ke arah yang berbeda.

Begitupun, Instagram mengatakab video swafoto ini tidak akan disimpan di backend dan akan dihapus dalam 30 hari.

“Kami membutuhkan video pendek untuk memutar kepala Anda ke arah yang berbeda. Ini membantu kami mengonfirmasi bahwa Anda adalah orang yang nyata dan mengonfirmasi identitas Anda,” kata Instagram.

Mereka juga menyatakan video swafoto yang akan diunggah pengguna tidak pernah ditampilkan di platfom. Tangkapan layar juga menunjukkan bahwa perusahaan berjanji tidak akan mengumpulkan data biometrik atau menggunakan teknologi pengenalan wajah.

Seperti yang diketahui, ini bukan kali pertama Instagram mencoba verifikasi video swafoto ini. Raksasa media sosial ini pertama kali merilis jenis fitur pemeriksaan keamanan serupa pada Agustus tahun lalu, tetapi hanya tersedia untuk waktu yang singkat karena perusahaan mengalami beberapa masalah teknis.

Sekarang tampaknya masalah telah diselesaikan karena fitur tersebut sekarang tersedia untuk banyak pengguna, sesuai laporan oleh XDA Developers. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *