Cara Menghemat Baterai HP yang Sudah Kritis

Pelayananpublik.id– Baterai handphone yang kritis adalah mimpi buruk bagi sebagian orang, apalagi yang tidak membawa charger atau powerbank.

Terlebih jika sedang di perjalanan dan harus memberi kabar, maka handphone yang kehabisan baterai akan menimbulkan masalah.

Namun, tahukah Anda, Anda bisa menghemat daya baterai meski sudah kritis dan menghindari HP mati total.

Dikutip dari laman resmi Google berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai ponsel yang tinggal sedikit:

1. Anda bisa mengaktifkan penghemat baterai atau mode daya rendah, atau penghemat baterai ultra. Selama di mode itu, kinerja ponsel Anda akan terbatas hanya pada panggilan telepon, kalkulator dan lainnyan

2. Redupkan atau matikan layar. Anda bisa menghemat baterai dengan menurunkan kecerahan layar di ponsel Anda dan jangan membiarkan layar tetap menyala seperti misalnya menonton video dan bermain game.

3. Cara lain adalah mematikan koneksi internet untuk sementara. Internet juga merupakan faktor yang dapat dengan cepat memeras daya pada baterai. Apalagi jika Anda menghidupkan hotspot pribadi untuk orang lain, maka baterai semakin cepat habis.

4. Hindari tindakan yang memproses terlalu banyak informasi misalnya kamera dan browsing. Oleh karena itu, saat daya baterai ponsel Anda tinggal sedikit cobalah untuk seminimal mungkin melakukan hal-hal tersebut.

Untuk menghemat masa pakai baterai, cobalah untuk tidak menggunakan kamera terlalu sering, memainkan game yang sangat interaktif, serta menggunakan aplikasi untuk waktu yang lama.

5. Batasi pemakaian lokasi. Penggunaan koneksi dan mengaktifkan lokasi pada ponsel juga merupakan hal yang dapat memeras daya baterai.

6. Jika Anda tidak memerlukan jaringan seluler, aktifkan mode Pesawat. Gunakan Wi-Fi alih-alih data seluler, matikan bluetooth, matikan akses lokasi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *