Harap Bersabar, Seleksi Guru PPPK Tahap II Diundur

Pelayananpublik.id- Seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) merupakan angin segar bagi para guru yang ingin menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Setelah sukses di tahap I, maka seleksi PPPK guru akan dilanjut ke tahap II.

Namun, hingga saat ini jadwal seleksi PPPK guru tahap II masih diundur. Hal ini karena Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) masih mengevaluasi berbagai hal terkait seleksi kompetensi tahap pertama.

Itu dikatakan Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, dikutip dari Republika Online, Selasa (2/11/2021).

“Berkaitan dengan adanya evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan seleksi kompetensi tahap I, bersama ini kami sampaikan bahwa pemilihan formasi serta pelaksanaan seleksi kompetensi tahap II ditunda hingga pengumuman lebih lanjut,” katanya.

Dengan demikian, proses kegiatan pengumuman dan pemilihan formasi seleksi guru PPPK tahap kedua mundur dari yang semestinya sudah dilakukan sejak 1 November lalu hingga 4 November 2021 mendatang.

Sedangkan proses pelaksanaan seleksi kompetensi guru PPPK tahap kedua juga mundur dari yang seharusnya dilakukan pada 10-13 November 2021 mendatang.

Hal itu tertuang dalam Surat Pengumuman tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II Guru ASN-PPPK Tahun 2021 yang dikeluarkan pada 28 Oktober 2021 lalu.

Untuk jadwal terbaru, kata Nunuk, nanti akan diumumkan lewat laman PPPK Guru Kemendikbudristek.

Sebelumnya, pada 29 Oktober 2021 lalu, tahapan pengumuman hasil sanggah I sudah dilakukan. Pengumuman hasil sanggah I itu pun pernah mengalami kemunduran dari jadwal yang seharusnya.

Saat itu Kemendikbudristek menyatakan tengah berupaya agar proses seleksi guru PPPK tahap kedua dapat berjalan sesuai rencana. Namun, nyatanya kini pelaksanaan kedua tahap itu ditunda.

Pada Jumat (8/10) lalu, Kemendikbudristek bersama dengan Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Kementerian Dalam Negeri, telah mengumumkan hasil ujian seleksi pertama guru PPPK tahun 2021. Mendikbudristek menyampaikan, sebanyak 173.329 guru honorer lulus ujian seleksi tahap pertama tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *