Apa Itu Frekuensi, Jenis Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Kata frekuensi pasti sudah sering Anda dengar di percakapan sehari-hari. Apalagi kini ada istilah “teman satu frekuensi”, “suami istri sefrekuensi”.

Nah arti dari istilah satu frekuensi itu sebenarnya adalah orang dengan pemikiran, sifat yang sama sehingga “nyambung” dalam bergaul serta tidak bertentangan atau berkonflik.

Lalu apa pengertian frekuensi dalam arti sebenarnya. Jika mendengar kata frekuensi mungkin Anda akan menghubungkannya dengan sinyal, gelombang, amplitudo dan sebagainya.

Pengertian frekuensi secara umum adalah banyaknya sesuatu yang terjadi setiap detiknya, atau jika dikaji dalam getaran, frekuensi bisa diartikan sebagai jumlah getaran yang berlangsung selama 1 detik.

Namun dalam fisika, pengertian frekuensi adalah jumlah gelombang yang terjadi setiap satu detik. Sesuai standar internasional, satuan yang dipakai dalam mengukur frekuensi Hertz disingkat Hz.

Asal nama satuan ini diambil dari nama seorang fisikawan yang berasal dari Jerman, yaitu Heinrich Rudolf Hertz (1857-1894).

Jenis Frekuensi

Dalam Fisika ada beberapa jenis frekuensi yakni:

– Frekuensi radio, yakni frekuensi yang mengacu kepada spektrum elektromagnet, dimana spektrum tersebut dapat dihasilkan dari arus bolak-balik yang menuju ke antena. Biasanya penggunaan frekuensi radio dipakai untuk mengirim pesan suara melalui gelombang udara. Frekuensi radio ada dua yakni AM dan FM.

– Frekuensi audio, yakni frekuensi suara. Manusia bisa mendengar suara dengan frekuensi 20Hz hingga 20.000HZ. Suara yang bisa didengar telinga manusia biasa disebut dengan frekuensi audible (audiosonik).

Begitupun ada frekuensi suara yang tidak dapat didengar telinga manusia, tapi bisa didengar hewan tertentu misalnya anjing. Adapun jenis frekuensi suara adalah sebagai berikut.

Infrasonik yakni bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hertz, dan hanya bisa didengar oleh hewan seperti gajah, kuda nil badak, dan paus.

Audisonik yakni bunyi yang frekuensinya antara 20 sampe 20.000 Hertz dan dapat didengar oleh manusia.

Ultrasonik yakni bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hertz. Dalam tingkat frekuensi ini, suara hanya bisa didengar oleh hewan seperti lumba-lumba, anjing, kelelawar dan burung hantu.

Istilah Lain Terkait Frekuensi

1. Getaran

Berbicara tentang frekuensi, pasti juga akan menyinggung getaran karena mereka adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.
Menurut para ahli, getaran merupakan gerak bolak-balik yang terjadi di sekitar zona kesetimbangan. Kesetimbangan ialah keadaan dimana sebuah objek berada dalam posisi diam, saat tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut.

2. Gelombang

Gelombang adalah suatu getaran yang merambat. Dalam ilmu fisika, gelombang merambat mengikuti gerakan sinusoida, artinya gelombang merambat melalui media.

Artinya gelombang ini merupakan getaran yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan media tertentu bisa udara, benda padat, beda cair serta tanpa melalui media, seperti di ruang hampa.

3. Amplitudo

Amplitudo merupakan jarak terjauh dari simpangan ataupun dari titik kesetimbangan. Dan amplitudo juga yang nantinya berhubungan erat dengan periode, di mana periode merupakan waktu yang diperlukan untuk menghasilkan satu getaran.

Dalam ilmu fisika, getaran sangat dekat dengan frekuensi dan amplitudo, dengan satu gerak bolak-balik secara penuh dari suatu benda maka memiliki kesetaraan dengan satu getaran frekuensi.

Contoh Kasus Perhitungan Frekuensi

Contoh 1 : Menghitung Frekuensi (f)

Diketahui jika 0,004 detik adalah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 siklus lengkap gelombang listrik. Maka berapa frekuensinya ?

Diketahui : T = 0,004 detik

Ditanya : f = ?

Jawab :

f = 1/T

f = 1/0,004

f = 250Hz

Jadi : Frekuensinya adalah 250Hz.

Contoh 2 : Menghitung Periode (T)

Diketahui jika frekuensi listrik bolak-balik (AC) adalah 50Hz. Maka berapa lamakah waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 siklus lengkap gelombang listrik ?

Diketahui : f = 50Hz

Ditanya : T = ?

Jawab :

T = 1/f

T = 1/50

T= 0,02 detik

Jadi : 0,02 detik adalah waktu yang dperlukan untuk menghasilkan 1 siklus lengkap gelombang listrik.

Demikian ulasan mengenai apa itu frekuensi, jenis, hingga contoh soal terkait. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *