PeduliLindungi.id Eror, Ini Hal yang Bisa Dilakukan

Pelayananpublik.id– Selama pandemi, ada beberapa aturan baru yang diterapkan pemerintah. Salahsatunya adalah penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.

Aplikasi ini akan menunjukkan riwayat kesehatan Anda khusunya terkait Covid-19. Di sana juga akan tertera apakah Anda sudah mendapatkan vaksin, hingga pernah positif atau tidak.

Mengutip covid19.go.id, aplikasi PeduliLindungi dapat membantu setiap warga melakukan surveilans kesehatan berupa penelusuran (tracing), pelacakan (tracking) dan pengurungan (fencing) terhadap anggota masyarakat yang diduga mengidap Covid-19.

Namun tak jarang ditemui bahwa aplikasi penting itu malah error dan tidak bisa dibuka ketika dibutuhkan.

Melansir indonesiabaik.id, ada sejumlah keluhan yang datang terkait aplikasi PeduliLindungi. Misalnya saja, error yang menyebabkan gagal log in hingga gagal scan QR Code. Gagalnya muncul dalam aplikasi Peduli Lindungi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Jika begitu ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Yang pertama adalah restart aplikasi, yakni muat ulang, dan coba login kembali.

Kemudian Anda bisa melakukan pembaruan sistem operasi perangkat dan aplikasi berguna untuk menyesuaikan spesifikasi sistem dengan aplikasi. Pastikan sistem operasi perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru.

Cara selanjutnya adalah lakukan clear cache, clear memori lalu mulai kembali membuka aplikasinya.

Sebab menumpuknya cache bisa jadi menghambat proses pemindaian QR Code aplikasi PeduliLindungi. Sebab, cache atau file sampah harus dibersihkan bisa membuat ruang penuh.

Anda juga perlu memastikan koneksi jaringan internet yang tidak stabil bisa jadi salah satu hal yang mempengaruhi error-nya proses pemindaian QR Code oleh aplikasi PeduliLindungi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *