Apa Itu Youtube, Sejarah, Pemilik, Fitur, Manfaat, hingga Cara Menghasilkan Uang Darinya

Pelayananpublik.id- Sebagian besar pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan platform YouTube. Platform ini paling dicari ketika pengguna ingin menonton berbagai macam video.

YouTube menyediakan berbagai jenis video mulai dari yang ringan, lucu, unik, edukatif hingga konyol dan provokatif. Sehingga kontrol penggunaan benar-benar berada di tangan penontonnya. Sebab di sini pengguna bisa menonton video tanpa batas.

Begitupun, YouTube berusaha tidak menampilkan video berisi kekerasan, pornografi, dan lainnya.

Fungsi YouTube pun kini semakin berkembang apalagi setelah pandemi Covid-19 menyerang. Sebab YouTube kini menjadi media pembelajaran bagi siswa dan guru. Jadi tak heran jika YouTube sangat ramai dikunjungi pengguna dari berbagai kalangan

Bahkan Survei dari We are Social memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan sosial media mencapai 150 juta. Dari semua sosial media yang digunakan, yang paling aktif dan dominan adalah YouTube dengan angka 88%. Banyaknya pengguna tersebut terjadi karena konten yang makin beragam dan berkembang. Tercatat lebih dari 600 Channel di Indonesia memiliki lebih dari 1 juta subscriber.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu YouTube, siapa pemiliknya dan sejarahnya.

Pengertian YouTube

YouTube adalah situs atau website yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, menonton, dan membagikan video secara publik.

Saat ini YouTube adalah salahsatu platform paling populer sebagai tempat/ sarana terbaik untuk berbagi video dari seluruh dunia, mulai dari video pendek, tutorial, vlog, film pendek, trailer film, musik, edukasi, animasi, hiburan, berita, TV, serta beragam info menarik lainnya.

Selain menonton, kini orang bahkan perusahaan berlomba membuat konten di YouTube. Hal ini tentu saja untuk mendapatkan uang dari YouTube.

Sejarah YouTube

Nah, berbicara soal sejarah YouTube, Anda pasti bertanya siapa pendiri YouTube dan bagaimana platform itu bisa sesukses sekarang.

Tentu saja, mereka pasti mengalami masa sulit seperti perusahaan lain. Tapi akhirnya karya mereka bisa booming seperti sekarang ini.

Pada awalnya, YouTube didirikan oleh tiga mantan karyawan PayPal yakni Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.

Mereka mendirikan situs YouTube pada 2005, lalu mereka mulai merintis perusahaan teknologi yang didanai oleh Sequoia Capital antara bulan November dan April 2006.

14 Februari 2005, nama domain www.youtube.com aktif dan situs mulai dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya. Mei 2005, perusahaan menawarkan uji beta untuk situs.

Sebelum peluncuran resmi pada bulan November 2005, YouTube memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan, pada bulan Juli 2006, lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya. Dan dalam sehari, situs memiliki kunjungan hingga 100 juta.

Pada bulan Oktober 2006, Google Inc resmi membeli YouTube dengan nilai $1,65 milyar dalam bentuk saham. Pada tahun 2007, YouTube sukses menempati posisi 3 Alexa setelah Google dan Facebook.

Dengan demikian YouTube semakin bersinar di bawah naungan Google. Dengan akuisisi tersebut pendapatan YouTube pada tahun 2008 diperkirakan mencapai $200 juta dollar.

YouTube memperkenalkan aplikasi sekunder untuk anak-anak yang dikenal dengan YouTube Kids pada 2015. Dengan aplikasi tersebut rangtua juga bisa mengatur konten yang ingin ditampilkan ke anak, menyesuaikan dengan umur anak.

Kemudian pada Agustus 2017, YouTube memperkenalkan desain baru untuk logo, yang dibuat lebih modern. Desain baru tersebut memperlihatnya tombol putar (play) disamping tulisan YouTube.

Fitur Unggulan YouTube

Fitur-fitur dalam YouTube juga berkembang seiring perjalanan waktu. Fitur-fitur ini membuat para pengguna semakin nyaman menggunakannya.

Baru-baru ini fitur yang dibuat YouTube adalah YouTube Stories dimana para pengguna (Youtubers) bisa membuat stories seperti di Instagram dan Snapchat.

Berikut adalah beberapa fitur Andalan YouTube.

1. Autoplay, yakni salahsatu fitur cerdas YouTube. Fitur ini memungkinkan pengguna memutar otomatis yang memungkinkan pengguna untuk memutar/ menonton video pada rekomendasi berikutnya.

Ketika fitur Autoplay aktif, YouTube akan memutar video berikutnya yang di sesuaikan dengan minat dan kesukaan pengguna. Hal ini juga berkaitan dengan Algoritma YouTube yang super cerdas.

2. Kecepatan, yakni fitur untuk mempercepat atau memperlambat video. Fitur ini sangat membantu pengguna ketika sedang menonton video tutorial untuk mempermudah video yang dijelaskan. Pengguna bisa klik menu Setelan, kemudian atur kecepatan video dibagian “Kecepatan Pemutaran” sesuai keinginan dan kebutuhan.

3. Anotasi, yakni fitur yang memungkinkan pengunggah video untuk merekomendasikan video lain dalam bentuk link atau kotak pada video yang sedang diputar.

Fitur ini sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi pengunggah karena video rekomendasinya berpeluang untuk ditonton. Anotasi terlihat lebih baik ketika ditampilkan diakhir video sehingga tidak mengganggu penonton ketika melihat video.

4. Subtitle, yakni terjemahan bahasa yang ada dalam video.

Namun, fitur ini akan ada ketika pengunggah menambahkan opsi Subtitle pada videonya. Selain itu, penonton atau kontributor juga memungkinkan untuk menambahkan subtitle.

Dengan adanya kontributor, maka opsi bahasa pada subtitle akan jauh lebih banyak.

5. Resolusi Video, yakni fitur pilihan resolusi atau ukuran video yang bisa diatur pengguna. Apabila ingin menghemat data, pengguna bisa menyetelnya menjadi resolusi terkecil yakni 144p.

6. Download, yakni fitur yang memmungkinkan pengguna menonton video secara offline. Fitur ini hanya tersedia pada aplikasi YouTube, tidak untuk browser smartphone dan komputer.

7.Live Streaming, digunakan secara publik, bersamaan dengan menghadirkan fitur Super Chat sehingga pengguna dapat saling berkomentar.

8. YouTube Premium, yakni fitur premium (berbayar) untuk para pengguna yang ingin berlangganan. Dengan berlangganan YouTube Premium, pengguna bisa menonton video bebas iklan, download dengan menontonnya secara offline, serta mendapat eksklusivitas menonton video YouTube Originals mulai dari Drama, Komedi, Animasi, Dokumentasi, dan lainnya.

Manfaat YouTube

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kini YouTube menjadi platform populer di berbagai kalangan. Manfaat YouTube juga beragam bagi masing-masing orang mulai sebagai hiburan bahkan sebagai ajang mencari pemasukan keuangan.

Lalu apa saja manfaat Youtube?

1. Sebagai Hiburan

Dengan YouTube Anda bisa menyaksikan berbagai video yang menarik untuk menghilangkan kebosanan. Misalnya video musik, video mukbang, hingga konten komedi.

2. Sebagai Media Belajar

Saat ini banyak konten kreator yang membuat video edukatif misalnya pemecahan soal matematika, video mengenai anatomi tubuh, belajar bahasa asing, belajar masak dan sebagainya.

3. Sumber Informasi

YouTube menjadi sumber informasi unggulan saat ini. Pengguna bisa temukan perilisan produk teknologi, musik, infotaiment, serta hal-hal menarik lainnya langsung dari YouTube.

4. Media Promosi

YouTube juga bermanfaat sebagai media promosi. Perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Facebook, SAMSUNG biasanya juga melakukan Live Streaming untuk memperkenalkan produk mereka.

5. Mencari Penghasilan

YouTube merupakan salah satu platform terbaik yang mampu memberikan manfaat kepada pengguna dan pembuat kontennya, sebut saja konten kreator atau Youtubers. Anda juga memiliki peluang untuk berpenghasilan dari YouTube melalui program Google Adsense. Anda bisa mulai dengan membuat Channel YouTube, juga membuat konten yang unik, kreatif, dan menghibur.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Banyak orang yang berlomba-lomba menjadi YouTuber sekarang. Itu karena banyaknya uang yang bisa dihasilkan dari membuat video di YouTube.

Kadang tidak perlu konten yang sulit, asal orang-oramg menyukainya, uang pun akan mengalir ke saku Anda. Misalnya saja konten review makanan yang kini sedang hits. Mereka hanya perlu makan di depan kamera dan menceritakan pengalamannya. Banyak yang suka dengan jenis konten seperti itu, tak heran food vlogger bisa jadi miliarder.

Meskipun begitu, anda juga perlu membaca syarat dan ketentuan YouTube agar video dapat dimonetisasi.

Sebuah Channel memiliki syarat monetisasi minimal dengan 4.000 jam tayangan dalam kurun waktu 12 bulan dan memiliki 1.000 subcribers.

Selain program Google Adsense, seorang Youtubers juga berpeluang untuk bekerja sama dengan pihak ketiga, entah itu perusahaan, individu, ataupun UKM.

Nah, pemasukan lain di luar AdSense adalah sponsor. Jadi sponsor meminta Anda mempromosikan produknya di chanel Anda lalu membayar dengan uang atau dengan barang.

Kelebihan YouTube

  • Sumber informasi lengkap dan up-to-date.
  • Sumber penghasilan.
  • Media menyalurkan kreativitas tanpa batas.
  • Media promosi terbaik dan tertarget.
  • Media belajar skill tertentu secara gratis.

Kekurangan YouTube

  • Banyak konten yang tidak layak ditonton oleh anak-anak. Meskipun telah tersedia aplikasi YouTube Kids namun siapa yang mampu memastikan semua terkontrol dengan baik?
  • Banyak berita HOAX banyak beredar di YouTube. Hal ini memang benar adanya, banyak sekali para penebar fitnah dan buzzer yang suka membuat berita HOAX tanpa sumber yang jelas dan mampu mempengaruhi banyak orang.

Demikian ulasan mengenai apa itu YouTube mulai dari pengertian, pemilik, manfaat hingga cara menghasilkan uang darinya. Semoga menambah wawasan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *