Begini Cara Ubah Jaringan dari 4G ke 5G

Pelayananpublik.id- Teknologi jaringan internet di dunia terus berkembang. Yang tadinya orang masih menggunakan jaringan 4G, kini sudah mulai beralih ke 5G.

Jaringan 5G tentu akan membuat koneksi internet di perangkat Anda lebih cepat.

Indonesia sendiri sudah memasuki era 5G pada Tahun 2021 ini.

Sejauh ini tiga operator yakni Telkomsel, Indosat dan XL Axiata sudah mengantongi izin untuk menggelar 5G secara komersial di Indonesia.

Sejumlah ponsel juga telah mendukung jaringan 5G. Misalnya seperti iPhone 12 yang diluncurkan tahun lalu dan menjadi iPhone pertama yang mendukung jaringan tersebut, serta sejumlah ponsel Android.

Sementara itu daerah Indonesia yang sudah bisa merasakan jaringan 5G masih Jakarta dan Solo yang sudah bisa mencicipi 5G.

Saat peluncuran 5G, pihak Telkomsel mengatakan pelanggan 4G tidak perlu mengganti sim cardnya. Ini berbeda dengan peralihan 3G ke 4G yang membutuhkan penggantian kartu.

Nah, bagi Anda yang tinggal di daerah tercover 5G dan mempunyai ponsel yang mendukung, Anda bisa mengalihkan jaringan ponsel Anda tanpa ganti kartu.

Berikut ini cara mengalihkan jaringan di ponsel Anda dari 4G ke 5G.

Untuk iPhone 12, Anda bisa memulainya dengan membuka pengaturan atau setting, klik Cellular, Pilih menu Cellular Data Options, pilih Voice & Data, ganti ke menu 5G On

Sementara untuk ponsel Samsung, Anda bisa masuk melakukannya dengan membuka menu Settings, pilih Connections, pilih Mobile Network

Lalu klik menu Network Mode, akan tersedia banyak pilihan jaringan di dalamnya mulai dari 2G hingga 5G.

Lalu pilih yang diinginkan, jika ingin terhubung dengan 5G, pilih menu 5G/4G/3G/2G (auto connect).

Demikian cara mengubah jaringan ponsel dari 4G ke 5G, selamat mencoba. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *