Ini Loh 5 Provinsi yang Paling Patuh Prokes Selama Pandemi

Pelayananpublik.id- Kasus Covid-19 di Indonesia telah menunjukkan perubahan yang signifikan. Kasus di berbagai Indonesia terus melandai dan tidak ada lonjakan jumlah seperti sebelumnya.

Hal ini tentu disebabkan penanganan dari pemerintah, seperti vaksin dan layanan kesehatan serta kontribusi masyarakat dalam menegakkan protokol kesehatan.

Mengenai protokol kesehatan, memang belum semua daerah terbilang patuh dan menjaganya dengan baik. Namun ada beberapa provinsi yang tingkat kepatuhan protokol kesehatannya sangat baik.

Jubir pemerintah RI untuk Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro menyebut berdasarkan data 26 September 2021 menunjukkan tingkat kepatuhan masyarakat memakai masker berada pada angka 92,81 persen. Sementara masyarakat yang tidak menggunakan masker hanya 7,19 persen.

“Kepatuhan memakai masker masih di atas 90 persen atau per 26 September lalu terpantau sekitar 92,81 persen,” katanya dilansir dari CNBC Indonesia belum lama ini.

Selain itu, data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menunjukkan ada lima provinsi yang mencatat kepatuhan memakai masker paling tinggi, yakni Kepulauan Riau 98,19 persen, Kalimantan Tengah 97,94 persen, Bali 97,28 persen, Kalimantan Barat 96,95 persen dan Lampung 96,72 persen.

Adapun tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjaga jarak dan menghindari kerumunan pada akhir September 2021 sebesar 91,32 persen. Masyarakat yang tidak menjaga jarak dan menghindari kerumunan tercatat 8,68 persen.

Masih berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, lima provinsi yang tingkat kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan paling tinggi, yakni Jambi 98,71 persen, Lampung 97,50 persen, Nusa Tenggara Timur 96,54 persen, Kalimantan Tengah 96,46 persen dan Kepulauan Riau 96,45 persen.

“Mari kita pertahankan tetap mematuhi dan mempraktikkan protokol kesehatan. Biasakan dan jadikan bagian dari berperilaku dengan orang lain di masa pandemi,” pesan Dokter Reisa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *