Gempa Magnitudo 4,5 Terjadi di Tapanuli Setatan, Warga Berhamburan

Pelayananpublik.id- Gempa bumi berkekuatan 4,5 skala richter menggetarkan wilayah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (28/9/2021).

Gempa yang awalnya terjadi pukul 13.53.23 WIB sempat membuat warga kaget dan berhamburan ke luar rumah.

“Ada beberapa kali terjadi, sempat kaget dan lari keluar rumah. Getarannya terasa lumayan kuat, tapi tidak lama, hanya sepersekian detik begitu,” jelas warga Sipirok Tapanuli Selatan, P Siregar.

Menurut analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tektonik itu
berpusat di koordinat 1.69 LU, dan 99.15 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km Barat Laut Tapanuli Selatan-Sumut pada kedalaman 3 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, sistem sesar Sumatera pada segmen Toru,” kata Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hartanto, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (28/9/2021).

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan dengan Skala Intensitas II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah atau terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” jelasnya.

Hingga pukul 14:20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan ada 4 kejadian gempa bumi pendahuluan (foreshock ) dan ada dua kejadian gempabumi susulan (aftershock ).

Ia meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik. Selain itu ia mengimbau masyarakat tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *