Internet Terputus, Telkom Bakal Ganti Rugi ke Pelanggan IndiHome

Pelayananpublik.id- Pelanggan IndiHome mengeluh gangguan internet beberapa hari yang lalu yakni sejak Minggu (19/9/2021).

Terkait gangguan internet itu, Vice President Marketing Management Telkom Edie Kurniawa mengatakan pihaknya akan melakukan ganti rugi kepada konsumen IndiHome.

Kompensasi itu, jelas dia, berbentuk pengunduran masa pembayaran dari tiap pelanggan, sampai 25 September 2021. Selain itu ada juga pemutihan denda keterlambatan pembayaran layanan internet.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

“Yang secara automotis berlaku adalah pengunduran masa pembayaran sampai tanggal 25 September 2021 dan peniadaan denda keterlambatan pembayaran,” ujar Edie Kurniawan dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (23/9/2021) siang.

Untuk mengetahui kompensasi yang diberikan, Edie mengatakan pelanggan dapat datang langsung ke pusat pelayanan Telkom terdekat.

“Untuk Ketentuan Kompensasi mengacu pada Kontrak berlangganan dan dapat datang di Plasa Telkom terdekat,” jelasnya.

Sebelumnya, warganet banyak yang mengeluhkan koneksi internet IndiHome yang masih bermasalah di hari kelima usai kabel putus JaSuKa. Mereka pun menuntut kompensasi dari Telkom.

Adapun gangguan internet itu, kata dia, adalah bukan karena perbaikan instalasi kabel bawah laut Jasuka (Jawa, Sumatera, Kalimantan) dinilai tak ada kaitannya dengan pemulihan layanan internet.

Sebab, Telkom memiliki jalur jaringan cadangan (Back up link) baik di Batam, maupun di Manado.

“Sehingga, dengan routing network (pengalihan rute jaringan) dapat kembali normal,” ujarnya.

Edie menjelaskan dengan adanya pemulihan layanan internet, pihaknya sudah melakukan pengalihan frekuensi dan prioritas layanan untukpengguna melakukan pembelajaran dari rumah (LFH) dan bekerja dari rumah (WFH). (*)