Ini Dia Pesawat yang Terbang Pakai Bahan Bakar Minyak Goreng

Pelayananpublik.id- Inggris mulai menerbangkan pesawat dengan memakai bahan bakar minyak goreng bekas. Hal ini karena minyak goreng dianggap sebagai bahan bakar ramah lingkungan.

Dikutip dari Guardian, pesawat tersebut adalah milik maskapai British Airways (BA) dengan penerbangan dari London ke Glasgow.

BA mengklaim pesawat itu menghasilkan emisi karbon 62 persen lebih sedikit dari perjalanan serupa satu dekade lalu.

Berdasarkan informasi dari maskapai tersebut, kombinasi bahan bakar, yang sebagian terbuat dari minyak goreng daur ulang, dengan jalur penerbangan optimal, kendaraan bandara yang dialiri listrik, dan pesawat terbaru mereka berhasil memangkas emisi.

Bahkan maskapai tersebut mengatakan telah mengimbangi karbon dioksida yang dihasilkan, membuat penerbangan jadi netral karbon.

Walau masih menghasilkan emisi 6,4 ton karbon dioksida, maskapai mengatakan penerbangan itu dimaksudkan menunjukkan kemajuan industri penerbangan. Dalam hal ini, upaya mereka menghilangkan karbon menjelang KTT COP-26.

Layanan ini dioperasikan “pesawat keberlanjutan” BA, sebuah Airbus A320neo, model jarak pendek diklaim paling tenang dan paling hemat bahan bakar. Bahan bakarnya adalah campuran 35 persen bahan bakar berkelanjutan (SAF).

Kontribusi lebih lanjut untuk memaksimalkan efisiensi datang dari layanan kontrol lalu lintas udara Nats yang memastikan proses lepas landas dan mendarat tanpa waktu tunggu. Ini juga didukung kendaraan bertenaga listrik di Bandara Heathrow.

Kepala Eksekutif BA Sean Doyle mengatakan penerbangan ini menawarkan demonstrasi praktis dari kemajuan yang kami buat dalam perjalanan pengurangan karbon.

“Ini menandai kemajuan nyata dalam upaya kami menghilangkan karbon dan menunjukkan tekad kami untuk terus berinovasi, bekerja sama dengan pemerintah dan industri, serta mempercepat penerapan solusi rendah karbon baru,” terangnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *