Apa Itu Rendah Hati, Bedanya dengan Rendah Diri, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Pelayananpublik.id- Manusia memiliki beragam sifat, salahsatunya adalah rendah hati. Rendah hati menjadikan manusia disenangi orang lain karena sikapnya.

Itu karena orang lain akan merasa nyaman berada di sekitar dan berinteraksi dengannya.

Rendah hati diartikan sebagai sikap yang mengedepankan kelembutan, toleransi dan kesetaraan.

Orang yang rendah hati pasti akan menghargai orang lain, tak peduli dengan statusnya misalnya kaya atau miskin.

Rendah hati menjadi sifat yang diajarkan agama karena termasuk sifat mulia. Sifat rendah hati adalah menjauhkan kebiasaan unjuk diri atau menyombongkan diri di hadapan orang lain.

Lalu apa beda rendah hati dan rendah diri?

Beda Rendah Hati dan Rendah Diri

Rendah hati dan rendah diri merupakan dua sifat yang berbeda.

Rendah hati berarti merendahkan ego dan kesombongan di hadapan manusia lain. Rendah hati ini merupakan kebalikan dari sifat sombong atau angkuh yakni merasa diri lebih tinggi dan lebih baik dari orang lain.

Sementara itu, rendah diri adalah sikap yang menunjukkan rasa tidak percaya diri sehingga seseorang merasa perlu memamerkan harta, kedudukan, dan kegantengan atau kecantikan yang mereka miliki. Jika tidak punya itu semua maka ia merasa tidak pantas berada di antara manusia lain.

Berbeda dengan rendah hati, rendah diri adalah sifat negatif yang akan merugikan diri sendiri. Sikap rendah diri membuat manusia tidak bisa berkarya dengan percaya diri, menjadi penakut dan gampang ditindas orang lain.

Maka dari itu pupuklah sikap rendah hati tanpa rendah diri. Karena jika merasa rendah diri berarti Anda merasa lebih rendah dari manusia lain sehingga tidak memiliki hak yang sama dalam hidup.

Ciri Orang Rendah Hati

Dari penjelasan di atas, tentu Anda bisa menyimpulkan bagaimana sifat orang yang rendah hati. Berikut ini adalah beberapa ciri orang yang rendah hati.

1. Tidak Sombong dan Meninggikan Diri

Orang rendah hati tidak mungkin bersikap angkuh atau meninggikan dirinya dan merasa dirinya selalu di atas orang lain.

Orang rendah hati memandang dirinya dan orang lain sama dan memiliki hak yang sama sebagai manusia.

2. Suka Mendengar

Daripada banyak bicara, orang yang rendah hati akan lebih banyak mendengarkan orang lain. Ia akan senang mendengar kritik, bahkan ungkapan hati orang lain.

3. Tidak Iri dengan Pencapaian Orang Lain

Orang rendah hati tidak akan iri atau menderita di atas kesenangan orang lain. Ia tidak iri dengan pencapaian orang lain, bahkan ikut senang.

4. Tidak Gengsi Mengaku Salah

Orang rendah hati akan mudah mengaku salah dan meminta maaf kepada orang yang bersangkutan.

Jika salah atau keliru, mereka tidak akan mencari pembenaran, dan segera minta maaf. Jika benar, mereka tidak bersikap tinggi hati atau arogan.

5. Bisa Diajak Kompromi

Orang yang angkuh cukup sulit untuk diajak kompromi akan suatu hal. Berbeda dengan mereka yang memiliki kerendahan hati dalam dirinya.

Orang rendah hati cenderung mudah diajak bertemu di tengah, dan mencapai kompromi yang menguntungkan kedua belah pihak. Hal ini berlaku dalam segala aspek, termasuk pekerjaan dan hubungan.

6. Punya Banyak Teman

Karena orang rendah hati berpikir lebih fleksibel, sehingga mudah bergaul dengan siapapun yang memiliki pola pikir yang berbeda dengannya.

Mereka dapat bergaul dengan baik, juga jarang mengalami konflik atau perselisihan dengan orang lain.

7. Mampu Mengendalikan Ego

Orang yang rendah hati lebih kecil kemungkinannya untuk terlibat dalam perselisihan atau ketidaksepakatan yang melibatkan ego.

Ini karena mereka memahami bahwa setiap orang memiliki perspektif yang berbeda, dan perpektif tersebut sama berharganya dengan yang mereka miliki.

Contoh Sikap Rendah Hati

1. Menyapa dan bersosialiasi dengan orang sekitar. Orang yang rendah hati tak ragu menyapa orang lain saat berpas-pasan meskipun yang disapa lebih muda.

2. Tidak Angkuh Meskipun Juara Kelas Berprestasi

Ketika sudah berprestasi ada kalanya sikap orang pun berubah menjadi dingin dan angkuh. Nah, orang yang rendah hati akan tetap sama meskipun ia menjadi juara atau berprestasi, ia tidak akan jadi sombong.

3. Meminta Maaf dan Akui Kesalahan

Contoh lain sikap rendah hati adalah mau mengakui kesalahan dan meminta maaf dengan tulus.

Selain itu, mereka juga tak segan berterimakasih jika ada yang menbantu.

4. Mendahulukan Oranglain Meskipun dia Seorang yang Terpandang

Implikasi sikap rendah hati selanjutnya adalah tetap mendahulukan oranglain walaupun dia seorang yang tepandang, misalnya saja di seorang pejabat atau orang tepandang sedang antri, walaupun dia bisa saja ta harus antri namun dia memilih tetap antri karena ada orang lain yang sedang antri.

5. Sabar

Kesabaran memang hal yang dibutuhkan menghadapi kenyataan. Karena kenyataan tak selalu sesuai dengan yang diharapkan.

Demikian ulasan mengenai apa itu rendah hati, ciri, manfaat, hingga contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *