Atur Privasi Whatsapp, Foto Profil Hingga Last Seen Hanya Bisa Dilihat Orang Tertentu

Pelayananpublik.id– Whatsapp versi terbaru akan merilis aturan tentang privasi penggunanya. Ini akan membuat pengguna semakin nyaman menggunakan aplikasi chat tersebut.

Adapun pengaturan privasi terbaru di Whatsapp adalah Anda bisa menyembunyikan foto profil, last seen, hingga about dari orang yang tidak Anda inginkan.

Pengaturan privacy baru ini akan diterapkan untuk WhatsApp Beta Android dan iOS.

Sebagai informasi, beberapa tahun lalu WhatsApp mengimplementasikan tiga pengaturan privacy yakni last seen, foto profile, dan about.

Pengaturan ini memungkinkan pengguna menentukan siapa saja yang bisa melihat data mereka.

Ada tiga pilihan pada awalnya yakni Semua Orang (Everyone), Kontak Saya (My Contacts), dan Tidak Ada (Nobody). Misalnya untuk Nobody, maka Anda tidak ingin ada spesifik kontak yang bisa melihat last seen.

Namun berdasarkan laporan Wabetainfo, WhatsApp menambah satu opsi lagi. Bernama ‘My Contact except atau Kontak saya kecuali…’ akan membuat kamu bisa mengaktifkan last seen dan menonaktifkannya pada kontak tertentu.

Ini artinya last seen hanya terlihat bagi kontak yang sudah diatur saja, sementara bagi yang dikecualikan tidak bisa melihatnya.

Selain itu, Wabetainfo menyertakan tangkapan layar opsi baru itu pada WhatsApp versi iOS. Namun situs tersebut juga menegaskan WhatsApp akan memperkenalkan pilihan yang sama pada Android, dikutip Rabu (8/9/2021).

Namun, saat menonaktifkan last seen untuk kontak tertentu maka tidak bisa melihat kontak mereka.

Begitupun, hingga saat ini belum ada kabar kapan ketersediaan opsi ini. Namun Wabetainfo menyebut fitur itu sedang dalam pengembangan dan tidak tersedia untuk pengujian beta.

Nampaknya, menurut Wabetainfo, opsi baru itu akan tersedia pada pembaruan aplikasi mendatang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *