Apa Itu Eksploitasi, Dampak, Jenis dan Contohnya

Pelayananpublik.id- Kata eksploitasi tentu bukan hal asing lagi di telinga masyarakat. Eksploitasi sering disebutkan untuk menggambarkan suatu pemakaian yang berlebih terhadap sesuatu.

Misalnya di lingkungan, ada namanya eksploitasi lingkungan yakni memanfaatkan sumber daya alam yang ada tanpa adanya restorasi untuk kepentingan pemulihan lingkungan.

Sebelum membahas lebih lanjut lebih baik kita pahami dulu apa pengertian eksploitasi itu

Pengertian Eksploitasi

Secara umum pengertian eksploitasi adalah sebuah tindakan yang bertujuan untuk memanfaatkan dan mengambil keuntungan dari sesuatu secara berlebihan dan sewenang-wenang.

Tindakan eksploitasi ini jelas menimbulkan kerugian pada pihak lain.

Pengertian eksploitasi secara etimologi adalah politik untuk memanfaatkan subjek tertentu dengan sewenang-wenang yakni dari kata exploitation. Eksploitasi selalu berkonotasi negatif.

Begitu juga menurut KBBI pengertian eksploitasi adalah pemanfaatan untuk keuntungan sendiri, penghisapan, pemerasan atas diri orang lain yang merupakan tindakan tidak terpuji.

Supaya Anda lebih paham, berikut kami rangkum pengertian eksploitasi menurut para ahli.

1. Suharto

Eksploitasi yakni sebuah bentuk sikap diskriminatif atau perlakuan yang dilakukan dengan sewenang-wenang.

2. Martaja

Martaja mengartikan ekploitasi sebagai tindakan memanfaaatkan seseorang secara tidak etis demi kebaikan atau keuntungan pribadi.

3. Joni

Menurut Joni pengertian eksploitasi adalah suatu tindakan memperalat individu lain untuk tujuan kepentingan diri sendiri.

Tujuan Eksploitasi

– Memanfaatkan dengan maksimal suatu sumber daya, tenaga maupun kemampuan manusia.

– Menguasai sumber daya dan apa yang dihasilkannya.

– Menghasilkan keuntungan sebanyak mungkin tanpa mempedulikan restorasi.

– Mengeruk dan memeras potensi sumber daya, baik sumber daya alam atau sumber daya manusia.

Contoh Eksploitasi dan Dampaknya

Setelah menyimak pengertian dan tujuan eksploitasi di atas, jelas saja eksploitasi akan menimbulkan kerugian baik kepada orang yang bersangkutan maupun sumber daya alam itu sendiri.

Berikut ini beberapa contoh tindakan eksploitasi yang sering terjadi saat ini:

1. Eksploitasi Lingkungan

Nah, eksploitasi lingkungan biasanya terjadi karena adanya eksploitasi sumber daya alam.

Definisi eksploitasi sumber daya alam adalah tindakan mengambil sumber daya alam secara berlebihan demi untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Hal ini dapat menimbulkan anomali Global Warming dan cuaca ekstrim.

Contoh eksploitasi Sumber Daya Alam adalah sebagai berikut.

–¬† Menangkap ikan dengan pukat trawl. Pukat jenis ini sudah resmi dilarang karena akan menangkap ikan sampai ke anak-anaknya. Selain itu pukat trawl juga bisa merusak terumbu karang.

— Pembakaran hutan berskala besar untuk membuka lahan sawit. Hal ini bukan hanya menimbulkan kerusakan habitat hewan dan tanaman, tapi juga membuat manusia menderita akibat kabut asap.

— Membangun tambang-tambang liar tanpa izin dari pihak berwenang untuk mengeruk sumber daya alam. Misalnya tambang batu bara, tambang pasir, tambang emas, dan lain-lain.

2 . Eksploitasi Anak

Eksploitasi anak seringkali dianggap lumrah oleh para orangtua, seolah mereka berhak menentukan kehidupan anak mereka. Dan mereka mulai menyuruh anak bekerja menghasilkan uang yang sebenarnya bukan untuk anak tersebut.

Adapun contoh eksploitasi anak adalah sebagai berikut.

– Memanfaatkan anak menjadi pengemis dan pemulung

– Memanfaatkan anak menjadi pengamen

– Memanfaatkan anak menjadi penjual koran

– Memaksa anak di bawah umur menjadi pekerja seks komersial

-.Memanfaatkan anak untuk melakukan hal-hal lain demi popularitas dan keuntungan ekonomi.

3. Eksploitasi Sumber Daya Alam

Contohnya menebang hutan sebanyak-banyaknya, mengeruk pasir, mengeruk tambang emas besar-besaran dan lainnya.

4. Eksploitasi Hewan

Definisi eksploitasi hewan adalah tindakan memanfaatkan hewan untuk mendapatkan keuntungan pribadi tanpa memperhatikan dampaknya terhadap hewan tersebut.

Ini contohnya mengambil bisa lipan dengan memotong sungut di mulutnya.

Banyak masyarakat Indonesia yang tidak sadar sedang melakukan eksploitasi hewan dan telah terjadi selama puluhan tahun. Berikut ini adalah beberapa contoh eksploitasi hewan yang dilakukan oleh manusia:

Contoh lain adalah Topeng monyet, walaupun tujuannya untuk menghibur, pada kenyataannya aksi topeng monyet ini merupakan bentuk eksploitasi hewan.

Atraksi atau sirkus hewan, ini sangat jelas merupakan eksploitasi hewan yang dilakukan manusia untuk mendapatkan keuntungan.

5 . Eksploitasi Perempuan

Pengertian eksploitasi perempuan adalah suatu tindakan memanfaatkan kaum perempuan untuk mendapatkan keuntungan bagi suatu kelompok.

Berikut ini adalah beberapa contoh eksploitasi yang dialami oleh perempuan:

– Menjadi pekerja seks komersial. Walaupun sebagian perempuan menganggap profesi ini sebagai pekerjaan, kenyataannya sebagian besar dari mereka tidak suka pekerjaan tersebut.

– Eksploitasi perempuan di media massa (TV, koran cetak, internet, iklan, dan lain-lain) yang bertujuan untuk meningkatkan perhatian masyarakat terhadap suatu produk atau media. Walaupun banyak yang tidak menyadarinya, bentuk eksploitasi perempuan ini dapat merusak.

Demikian ulasan mengenai apa itu eksploitasi, tujuan, dampak dan contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *