Harga Tes Rapid Antigen Turun, Masyarakat Diminta Tak Khawatirkan Kualitas

Pelayananpublik.id- Harga acuan rapid test antigen resmi diturunkan.

Hal itu dibenarkan oleh Direktur Pengawasan Bidang Pertahanan dan Keamanan BPKP Faisal.

Ia mengatakan selama ini harga Rapid Test Antigen berbiaya Rp250 ribu, kini sudah turun menjadi Rp99 ribu untuk wilayah Jawa-Bali.

Sementara untuk di luar Jawa-Bali tarifnya yang tadinya Rp275 ribu kini menjadi Rp109 ribu.

Adapun alasan penurunan harga itu, kata Faisal, karena produksi alat rapid test antigen di dalam negeri yang berasal dari produsen lokal telah meningkat.

Namun begitu, masyarakat tak perlu khawatirkan kualitas alat tersebut. Meskipun harganya sudah diturunkan cukup signifikan, ia menjamin kualitas tetap bagus untuk mendeteksi Covid-19.

“Kami yakin dengan penetapan harga ini dengan produksi dalam negeri lebih murah, tapi kualitas tidak kalah dengan luar negeri,” ucapnya dikutip dari CNN Indonesia.

Selain itu, menurutnya, kualitas alat rapid test antigen yang beredar di pasar sudah dijamin oleh Kementerian Kesehatan. Pasalnya, alat rapid test antigen yang diperjualbelikan di pasar harus memiliki izin edar dari Kemenkes.

“Secara spesifikasi kualitas kita anggap sudah terpenuhi, jadi yang penting antigen itu sudah mendapat izin edar dari Kemenkes. Saya yakin sebelum Kemenkes beri izin edar tentu sudah melakukan penelitian dan memeriksa bagaimana dari sisi kualitas antigen tersebut,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *