BPS: Penduduk Miskin Ekstrem Indonesia Capai 4,8 Persen

Pelayananpublik.id- Pada 2021, penduduk miskin ekstrem di Indonesia mencapai 4,8 persen dari total penduduk miskin nasional di level 10,14%.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk miskin ekstrim terbanyak ada di pulau Jawa yakni di tiga Provinsi. Jumlah penduduk miskin ekstrem yang tercatat mencapai 1,7 juta orang.

Adapun jumlah penduduk miskin ekstrem tertinggi terdapat di Jawa Barat.

Kemudian disusul Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Jumlah penduduk miskin ekstrim tertinggi terdapat di Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah, meskipun secara persentase cukup rendah,” tulis paparan BPS yang dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (1/9/2021).

Secara rinci, jumlah penduduk miskin ekstrim di Jawa Barat tercatat sebanyak 1,78 juta orang atau 3,6%. Kemudian di Jawa Timur sebanyak 1,74 juta orang atau 4,4%.

Sementara di Jawa Tengah sebanyak 1,52 juta orang atau 4,4% dari jumlah penduduknya.

Sedangkan untuk penduduk miskin di Indonesia secara umum terbanyak ada di Papua Barat yakni 13,6%. Lebih tinggi dari kemiskinan nasional di level 10,14%.

Dan untuk provinsi yang paling sedikit penduduk miskinnya, adalah Kepulauan Bangka Belitung yang hanya 1,2% atau 17,7 ribu dari jumlah penduduknya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *