Apa Itu Mind Mapping, Tujuan, Manfaat, Jenis Hingga Cara Membuatnya

Pelayananpublik.id- Dalam menyampaikan rangkaian informasi, tentu kita punya cara tersendiri agar pendengar atau pembaca bisa menerimanya dengan baik.

Bukan hanya asal menerima, penerima informasi diharapkan juga mengingat dengan baik info tersebut.

Nah, di era modern seperti sekarang ini, untuk memudahkan penerima informasi mengerti pesan digunakan mind mapping atau pemetaan pikiran.

Dilansir dari Project Management Institute, mind mapping merupakan suatu inisiatif yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan brainstorming, interview, meeting, project management, presentasi, hingga pengambilan keputusan.

Dilansir dari business.com, mind mapping adalah sebuah teknik yang menginkorporasikan otak bagian kanan dan kiri untuk menerima berbagai macam ide baru.

Visual yang dibuat dalam mind map dapat membantu kamu untuk mengatur informasi yang baru diterima dan menentukan tema besar yang ada di dalam pembahasan tersebut.

Setelah menentukan tema besar, mind mapping dapat membantu kamu dalam menguraikan rincian dari tema tersebut dan memahami konsepnya secara menyeluruh.

Mind mapping juga bisa diartikan sebagai alat berpikir organisasional yang memudahkan seseorang dalam menempatkan berbagai informasi di dalam ingatannya untuk kemudian mengambil informasi tersebut kapanpun ia butuhkan

Pengertian Mind Mapping Menurut Ahli

Agar lebih paham, berikut ini kami rangkumkan pendapat beberapa ahli tentang pengertian mind mapping.

1. Caroline Edward menyatakan Mind Mapping adalah segala cara terefektif dan efisien untuk memasukan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai cara kerja alami otak kita, sehingga dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak manusia.

2. Melvin L. Silberman, mendefenisikan Mind Mapping sebagai langkah kreatif yang akan membantu seseorang dalam memproduksi banyak ide-ide menarik.

3. Tony Buzan memberi pendapat bahwa mind mapping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir serta menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind Mapping juga akan mengasah cara berpikir yang divergen dan kreatif.

4. Bobby De Porter dan Mike Hernacki mengattikan Mind Mapping sebagai salah satu teknik mencatat yang akan membantu seseorang dalam memetakan pikiran kreatifnya secara efektif kemudian memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak baik otak kanan maupun otak kiri di dalam diri seseorang.

Tujuan Mind Mapping

Tujuan utama dari mind mapping agar penerima infornasi memahami materi secara menyeluruh, bukan sebagai hafalan saja.

Karenanya mind mapping juga sering digunakan dalam dunia profesional, umumnya adalah untuk keperluan meeting dan sesi brainstorming.

Manfaat Mind Mapping

– Membantu proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan ketika sedang membuat mind mapping, Anda akan didorong untuk menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan yang sebelumnya Anda miliki.

– Lebih produktif, karena dapat memvisualisasikan serangkaian langkah yang dibutuhkan dalam sebuah proyek.

– Mempermudah Anda untuk menentukan tugas-tugas prioritas.

– Meningkatkan kreatifitas

– Meningkatkan pemahaman, karena mind mapping dapat membantu kamu untuk memahami konsep atau permasalahan yang kompleks.

– Melatih diri memahami berbagai informasi penting

– Mengorganisasikan dan mengelompokkan informasi-informasi penting dari konsep atau ide utama materi pelajaran.

– Memudahkan seseorang dalam membuat rencana serta membangun kerangka kerja dengan lebih cepat dan efektif.

– Membantu setiap penggunanya dalam memahami konsep maupun permasalahan yang sangat kompleks.

– Menghemat waktu

Jenis Mind Mapping

Mind mapping juga terbagi dalam beberapa jenis. Mind mapping dibuat berdasarkan keperluan pembuatnya.

Sebab mind mapping akan secara efektif membantu seseorang mengingat berbagai macam hal yang semula rumit dengan cara yang paling sederhana.

Adapun beberapa jenis mind mapping adalah sebagai berikut:

1. Mind Map Silabus, yakni mind mapping yang mendukung menerima suatu gambaran berhubungan dengan sesuatu yang dikerjakan. Mind mapping umumnya dikerjakan dengan ukuran besar dan ditempel di dinding.

Mind Map Silabus ini disebut sebagai pemetan makro. Keberadaan mind mapping silabus ini digunakan untuk membantu memberikan gambaran mengenai apa yang telah dipelajari.

2. Mind Map Bab, yakni mind mapping dibuat berdasarkan rangkaian bab yang sudah dipelajari sebelumnya.

Biasanya dalam mind map bab, pengguna meringkas poin-poin penting dalam sebuah pembelajaran dengan tujuan untuk mempermudah pada saat mengingatnya.

3. Mind Map Paragraf, yakni mind map yang memberikan pesan atau informasi dengan cara yang lebih lengkap dan mendetail.

Dalam mind map paragraf Anda tidak hanya dapat melihat keterangan ringkas dari setiap bab yang dipelajari namun juga keterangan dari masing-masing bab tersebut.

Sementara itu beberapa mind map unik yang dapat menjadi referensi diantaranya Brain Functions  (Fungsi-fungsi Otak) yang dibuat oleh Paul Foreman, Creativity Tips (Tips-tips Kreatifitas) oleh Tony Buzan, Habit Transformation (Transformasi Kebiasaan) oleh Adam Sicinski, Procrastination Buster (Membuang Penundaan) oleh Jane Genovese, Work Smart (Kerja Cerdas) oleh Thum Cheng Cheong, Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) oleh Emily Burton dan Dreams (Mimpi-mimpi) oleh Thum Cheng Cheong.

Cara Membuat Mind Mapping

– Cari media yang ingin digunakan misalnya spidol warna, kapur, papab tulis. kertas karton dan sebagainya

– Tentukan tema besar pembahasan

– Buat sub-tema. Setelah menentukan tema besar, hal berikutnya yang perlu kamu lakukan saat membuat mind mapping adalah memilih tema turunan yang akan dihubungkan dengan garis bercabang.

– Temukan hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol gambar, atau foto untuk ide sentral

– Dalam membuat Mind Mapping gunakan satu kata kunci untuk setiap garis

– Gunakan warna menarik

– Tambahkan gambar agar lebih menarik dan tidak terkesan monoton

Demikian ulasan mengenai apa itu mind mapping, tujuan, manfaat, jenis hingga cara membuatnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *