Apa Itu Optimalisasi, Tujuan, dan Manfaatnya

Pelayananpublik.id- Ketika berbicara sebuah proses pekerjaan, mungkin kata optimalisasi akan sering terdengar.

Optimalisasi biasanya dilakukan jika seseorang menginginkan pekerjaan menjadi maksimal dan efisien. Untuk mencapai tujuan itu, para pelaku pekerjaan itu akan mengambil beberapa langkah yang strategis dan menguntungkan.

Secara umum, pengertian optimalisasi adalah sebuah proses menemukan praktik terbaik yang dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal dan ideal dengan memanfaatkan sumber daya yang ada sebaik mungkin.

Secara sederhana arti optimaliasi adalah serangkaian proses untuk mengoptimalkan apa yang yang sudah. Tidak hanya dalam dunia bisnis, optimalisasi juga sering digunakan dalam bidang lainnya, salah satunya adalah pendidikan.

Menurut Depdikbud (1995, h. 628) Optimalisasi berasal dari kata optimal berarti terbaik, tertinggi, sedangkan optimalisasi berarti suatu proses meninggikan atau meningkatkan ketercapaian dari tujuan yang diharapkan sesuai dengan kriteria yang telah di tetapkan.

Pengertian Optimalisasi Menurut Ahli

1. Machfud Sidik (2001:8) mengatakan optimalisasi adalah kegiatan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan.

2. Winardi (1999:363) mengartikan optimalisasi menurut Winardi sebagai suatu ukuran yang menyebabkan tercapainya sebuah tujuan.

3. S. Rao, John Wiley dan Sons (2009) mengatakan optimalisasi adalah proses untuk mencapai keadaan yang memberikan nilai maksimal atau minimal dari suatu fungsi.

4. W.J.S Poerdwadarminta (1997:753) optimalisasi merupakan suatu hasil yang dicapai sesuai keinginan, sehingga optimalisasi adalah pencapaian hasil sesuai dengan harapan secara efektif dan efisien.

5. Andri Rizki Pratama (2013:6) mengatakan optimalisasi adalah upaya individu untuk meningkatkan kegiatan untuk bisa meminimalisir kerugian atau memaksimalkan keuntugan agar mencapai tujuan dengan baik dalam tenggat waktu tertentu.

Tujuan Optimalisasi

Berdasarkan makna optimalisasi yakni mengoptimalkan apa yang sudah ada berarti bisa disimpulkan tujuan optimalisasi adalah sebagai berikut:

1. Memperoleh hasil lebih baik.

2. Tidak perlu menambah modal atau dana

3. Menghemat waktu

4. Memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sudah ada

5. Mempercepat selesainya pekerjaan.

Manfaat Melakukan Optimalisasi

– Mengatasi masalah dari dalam

Manfaat optimalisasi adalah bisa mengatasi persoalan dari dalam. Artinya, permasalahan bisa selesai dengan memanfaatkan dengan maksimal apa yang bisa dilakukan dan apa yang kita punya

Misalnya, untuk mencegah penularan Covid-19 kita perlu menjaga ketat protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan lainnya.

Jika kita tidak punya uang untuk vaksin dan berobat, maka optimalkan lah protokol kesehatan.

– Pengambilan Keputusan

Melalui optimalisasi kita akan mendapatkan berberapa informasi penting terkait sebuah masalah. Hal ini dapat digunakan oleh para stake holder untuk mengatasi sebuah masalah dengan baik dan cepat. Dengan begitu proses yang terhambat segera bisa teratasi.

– Menghemat Sumber daya

Mengingat optimalisasi adalah sebuah proses untuk melakukan sebuah kegiatan dengan seefisien mungkin dengan hasil yang optimal, maka hal yang dilakukan dengan sumber daya dan sumber dana yang ada.

Oleh karenanya, proses ini akan mampu memberikan penghematan kepada penggunaan sumber daya. Dalam dunia bisnis, tentu ini akan sangat menguntungkan.

Contoh Optimalisasi

Berikut beberapa contoh penggunaan optimalisasi dalam berbagai bidang:

1. Optimalisasi Biaya Produksi

Sebuah upaya untuk mengemat biaya produksi sehingga dengan bahan yang sedikit bisa menghasilan produk yang banyak.

2. Optimalisasi Saluran Air

Optimalisasi saluran air dilakukan dengan
kembali mengoptimalkan fungsi sunga atau saluran air sebagai tempat jalurnya air. Ini berarti bisa juga membersihkan sampah yang berada pada saluran air.

3. Optimalisasi Sumber Daya

Optimalisasi Sumber Daya dilakukan dengan memaksimalkan sumber daya yang ada dengan sebaik mungkin untuk mencapai hasil yang maksimal.

Demikian ulasan mengenai apa itu optimalisasi, tujuan, manfaat hingga contohnya. Semoga menambah wawasan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *