Catat! Cara Amankan Kartu Kredit Agar Tidak Dibobol Maling

Pelayananpublik.id- Kartu kredit merupakan salahsatu item yang diincar para peretas (hacker). Banyak korban yang kartu kreditnya dibobol dan tiba-tiba memiliki banyak hutang karena pembelian barang-barang tanpa sepengetahuannya.

Baru-baru ini bahkan data kartu kredit diperjualbelikan oleh kelompok kriminal. Salahsatunya adalah organisasi kriminal Rusia yang merilis daftar kartu kredit curian di web gelap.

Diperkirakan  sekitar 1 juta kredit yang masuk dalam daftar web tersebut milik warga AS dan negara lainnya.

Di dunia yang serba digital ini, sudah banyak terjadi pelanggaran data berujung scammers⎼penipuan daring⎼yang tumbuh semakin canggih.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (7/8/2021), menurut laporan tahunan oleh Gemini Advisory mencatat ada temuan 115 juta kartu debit dan kredit hasil curian yang diunggah ke pasar gelap pada 2020.

Perusahaan keamanan siber yang melacak pasar dan forum bawah tanah itu mengatakan pembobolan kartu kredit bukanlah hal iseng melainkan perbuatan kriminal yang serius.

“Pada titik ini, bukan lagi menjadi permasalahan kriminal yang sekedar ‘iseng’, melainkan pelanggaran kegiatan ekonomi secara penuh,” ujar pimpinan produksi intelijen di Gemen Advisory.

Melalui kartu pembayaran curian, penjahat di dunia maya dapat melakukan pembelian atas nama Anda hingga menguras seluruh keuangan di rekening. Fenomena ini semakin buruk, mengingat bayang-bayang kejahatan di internet semakin meluas.

Begitupun, Anda tetap bisa melakukan beberapa cara untuk meminimalisasikan dan mencegah kejahatan terjadi kepada kartu kredit Anda.

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah membekukan laporan kredit Anda. Pemblokiran ini menghentikan akses dari luar ke dalam file Anda. Hal ini berarti scammer tidak akan dapat menggunakan informasi pribadi Anda.

Risiko pembobolan pinjaman atau membuat kredit tidak akan terjadi karena calon pemberi pinjaman tidak dapat memeriksa laporan kredit Anda untuk menyetujui aplikasi.

Menurut Komisi Perdagangan Federal, apabila sedang mengajukan kredit baru, Anda harus mencabut pembekuan sementara karena jika tidak dilakukan, pembekuan tersebut akan bertahan sampai Anda menghapus kredit.

Selain itu, ingatkan perusahan mengenai pelaporan kredit, misalnya perusahaan besar Equifax, Experian, dan TransUnion. Tujuannya agar pembekuan dapat dilakukan ke laporan Anda di tiap perusahaan.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan peringatan penipuan jangka pendek selama satu tahun.

Di opsi ini, pemberi pinjaman yang ingin melakukan verifikasi harus menghubungi Anda terlebih dahulu.

Yang terakhir, hubungi perusahaan penyedia kartu kredit Anda dan lakukan pelaporan kredit untuk memulai peringatan penipuan. Fasilitas ini diberikan secara gratis dan pada akhirnya tindakan ini akan diwajibkan secara hukum. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *