18 Stasiun KAI di Jawa dan Sumatera Sediakan Vaksinasi Covid-19 Gratis, Ini Daftarnya

Pelayananpublik.id- Demi mempercepat terpenuhinya target vaksinasi Covid-19 di Indonesia berbagai instansi dilibatkan menggelar vaksinasi.

Salahsatu pihak yang terlibat sebagai penyelenggara vaksinasi Covid-19 adalah PT Kereta Api Indonesia (KAI). Untuk diketahui, saat ini penumpang yang ingin naik kereta api jarak jauh harus sudah memiliki sertifikat vaksin.

Saat ini, PT KAI sudah menyediakan layanan vaksinasi gratis di 18 stasiun baik di Pulau Jawa maupun Sumatera.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan kegiatan tersebut menyasar pengguna aktif kereta jarak jauh dan lokal dan masyarakat di sekitar stasiun.

Stasiun yang saat ini telah mengadakan vaksinasi bagi pelaku perjalanan jarak jauh diantaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang.

Adapun persyaratan bagi pengguna yang ingin ikut layanan vaksin adalah harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

“KAI mendukung penuh program pemerintah agar target vaksinasi kepada masyarakat dapat terpenuhi, sehingga pembentukan kekebalan tubuh secara komunal atau herd immunity dapat segera terwujud,” ujarnya dikutip dari Liputan6.com, Jumat (30/7/2021).

Ia mengatakan KAI Group telah menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis di 18 stasiun di berbagai kota baik di Pulau Jawa maupun Sumatera untuk pelanggan Kereta Api jarak jauh, pengguna KRL, hingga masyarakat umum.

“Nantinya, KAI beserta KAI Commuter secara bertahap akan menambah jumlah stasiun yang melayani vaksin Covid-19 gratis sebagai bentuk komitmen untuk memberikan kontribusi maksimal dalam program vaksinasi nasional,” kata Joni.

Selain untuk pelanggan KA Jarak Jauh, layanan Vaksinasi Covid-19 gratis juga tersedia di Stasiun Padang. Layanan vaksinasi gratis ini merupakan hasil kolaborasi antara KAI dengan Kodim 0312 Padang.

Layanan Vaksinasi Covid-19 gratis di Stasiun Padang ini selain dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Kereta Api, juga dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Sementara itu, untuk wilayah aglomerasi Jabodetabek, KAI Commuter juga menyelenggarakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pengguna KRL dan masyarakat di Stasiun Duri, Angke, Rangkasbitung, dan Jakarta Kota.

“Kami mengajak para pengguna memanfaatkan fasilitas vaksinasi gratis yang ada di sejumlah stasiun KRL. Dengan mengikuti vaksinasi ini, para pengguna KRL yang mobilitasnya tinggi dan setiap hari berinteraksi dengan orang lain dalam bertransportasi dapat lebih terjaga kesehatannya” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba. (*)