Bank Sumut Catat Laba Semester I Rp305 Miliar

Pelayanananpublik.id- PT Bank Sumut menyelenggarakan Public Expose (Paparan Kinerja) semester pertama untuk periode tahun 2021 yang digelar Senin 26 Juli 2021 bertempat di Kantor Pusat Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan.

Turut hadir juga dalam paparan ekspose tersebut Komisaris Utama Bank Sumut Syaiful Azhar, Komisaris Independen Brata Kesuma dan Komisaris Non Independen Syahruddin Siregar. Hadir juga Direktur Operasional Rahmat Fadillah Pohan, Direktur Kepatuhan Eksir, Direktur Bisnis dan Syariah Irwan dan Direktur Pemasaran Hadi Sucipto

Dalam paparannya, Direktur Operasional Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan menyatakan bahwa perseroan menyikapi kondisi makro ekonomi tahun 2021 yang penuh tantangan dengan tetap optimis dan mengubah tantangan tersebut menjadi peluang. Rasio keuangan Bank Sumut tetap tumbuh diantaranya Laba tercatat sebesar Rp.305 Miliar, demikian juga asset yang meningkat 15,9% YoY atau Rp.39,1 Triliun

Pertumbuhan juga tercatat dari Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun mencapai Rp32,2 Triliun atau meningkat sebesar 17% YoY, sektor penyaluran kredit juga tercatat membaik dengan peningkatan sebesar 3% YoY atau Rp24,3 Triliun jika dibandingkan posisi Juni 2020 sebesar Rp23,6 Triliun.

Direktur Bisnis dan Syariah Irwan menyampaikan, Penyaluran kredit Bank Sumut juga ditopang dengan penyaluran berbagai kredit program Pemerintah.

“Tercatat Bank Sumut juga telah menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp.1,1 Triliun untuk Tahap 2 dengan jumlah debitur mencapai 6.990 debitur,” jelasnya.

Pertumbuhan kredit juga diiringi dengan membaiknya rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) menjadi 3,70% dibanding posisi Juni 2020 sebesar 4,44%.

“Hingga saat ini Bank Sumut telah membantu lebih dari 7.335 debitur yang terdampak pandemic Covid 19 dengan merestrukturisasi kredit terutama debitur pada sektor UMKM,” terang Irwan.

Lebih lanjut Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto menjelaskan Bank Sumut semakin memfokuskan peningkatan digital banking untuk meningkatkan kinerja serta value produk dan layanananya kepada nasabah.

“Tercatat saat ini pengembangan layanan digital Bank Sumut telah menyasar berbagai segmen nasabahnya diantaranya layanan digital untuk nasabah individu, korporasi dan Pemerintah Daerah,” kata dia.

Layanan mobile banking Bank Sumut untuk penerimaan daerah dan Negara seperti PBB, Samsat, PDAM, Retribusi dan lainnya, kata dia, kini telah dapat dipergunakan di 33 Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Utara.

Inovasi lainnya yang juga dikembangkan oleh Bank Sumut adalah pengajuan kredit seperti KMG Online kini telah dapat dilakukan secara online melalui aplikasi yang dapat diakses pada smartphone.

“Sampai saat ini tercatat sebanyak 12.136 dokumen dari aplikasi kredit secara online telah diproses. Penggunaan aplikasi secara online untuk pengajuan kredit ini tentunya merupakan solusi bagi calon debitur ditengah masa pandemi yang tetap dapat melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus datang ke kantor Bank,” sebutnya.

Hadi juga menyampaikan perlunya dukungan antara Pemerintah daerah selaku pemegang saham dan masyarakat Sumatera Utara untuk bersama-sama membesarkan Bank Sumut, dikatakan Hadi dukungan Pemerintah daerah dalam bentuk penyertaan saham sangat diperlukan Bank Sumut dalam rangka ekspansi dan pengembangan produk dan layanan.

Peningkatan produk dan layanan Bank Sumut menurut Hadi sejalan dengan kepercayaan masyarakat dalam menempatkan dananya di Bank Sumut yang semakin meningkat.

Direktur Kepatuhan Bank Sumut Eksir menyampaikan, sejalan dengan peningkatan bisnis dan kinerja, Bank Sumut juga terus berbenah untuk perbaikan GCG termasuk kualitas sumber daya manusia.

Seluruh Insan Bank Sumut telah menandatangani pakta integritas bersama KPK untuk komitmen anti gratifikasi dan korupsi. Selain itu Bank Sumut juga terus menyempurnakan SOP dan peraturan sebagai acuan dalam operasional perusahaan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Corporate Secretary Bank Sumut Syahdan Ridwan Siregar menjelaskan kinerja dan Operasional Bank Sumut dipastikan tetap berjalan normal meski hingga saat ini posisi Direktur Utama belum terisi, Syahdan menjelaskan kinerja Bank Sumut tetap sustain dan on the track dikarenakan perseroan telah memiliki SOP dan tata kelola operasional yang tetap berjalan dan menjadi panduan bagi seluruh karyawan PT.Bank Sumut, Operasional Bank Sumut juga kini dijalankan oleh 4 Direksi lainnya secara bersama-sama.

Syahdan juga menyampaikan Bank Sumut akan segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar biasa untuk mengisi posisi Direktur Utama. Hingga saat ini calon Direktur Utama yang diajukan pemegang saham telah mengikuti klarifikasi calon Direktur Utama oleh OJK dan hasilnya akan segera disampaikan kepada Pemegang Saham. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *