Donasi Kaos Oblong Bekas untuk Satgas Covid-19, BNPB: Hoaks

Pelayananpublik.id- Di tengah pandemi Covid-19 banyak masyarakat maupun instansi yang menggelar donasi, baik dalam bentuk uang, makanan, obat dan lainnya. Tujuannya adalah membantu sesama manusia agar tetap hidup di tengah pandemi.

Namun, tak sedikit pula beredar donasi palsu yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab. Untuk itu masyarakat hendaknya jeli sebelum mendonasikan dana mereka.

Contohnya donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19 yang sudah terbukti hanya bohong belaka.

Hal itu telah dijelaskan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) lewat laman resminya.

BNPB menyatakan berita yang meminta donasi kaos oblong bekas untuk petugas medis dan relawan Satgas Covid-19 adalah hoaks atau berita palsu.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, berita hoaks dengan konten informasi serupa pernah tersebar di jejaring percakapan digital pada April 2020.

Ia mengingatkan masyarakat untuk bijak menerima berbagai informasi, terlebih yang beredar di percakapan grup, diketahui umumnya dapat memicu kepanikan dan ketidaknyamanan pada masyarakat.

“Pastikan kebenaran berita sebelum menyebarluaskan kembali melalui jejaring sosial atau pun media sosial, seperti melalui aplikasi WhatsApp,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menegaskan, pemerintah menyediakan kanal informasi Hoax Buster seputar Covid tautan https://covid19.go.id/p/hoax-buster.

“Masyarakat dapat mengecek beragam berita atau informasi pada tautan tersebut untuk memastikan kebenaran berita atau informasi,” ujar Abdul. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *