Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Jika Anda Positif Covid-19

Pelayananpublik.id- Penyebaran Covid-19 saat ini masih memprihatinkan. Maka dari itu Anda harus menjaga protokol kesehatan dengan ketat jika tidak ingin tertular.

Selain itu pastikan Anda mendapatkan vaksin yang saat ini diberikan secara gratis oleh pemerintah.

Begitupun, meski sudah divaksin bukan berarti Anda tidak bisa tertular Covid-19 lagi. Namun efeknya tidak akan separah sebelum Anda mendapatkan vaksin.

Nah, jika kebetulan Anda positif Covid-19, jangan panik. Segera pergi ke rumahsakit jika Anda mengalami gejala sedang hingga berat. Namun jika bergejala ringan atau bahkan tidak bergejala, Anda tidak perlu pergi ke rumahsakit.

Berikut ini adalah panduan hal yang bisa dilakukan jika Anda positif Covid-19.

1. Isolasi Mandiri

Yang perlu Anda lakukan adalah isolasi mandiri, jangan berinteraksi intens dengan orang lain apalagi tidak memakai masker. Begitu juga dengan anggota keluarga Anda di rumah, wajib memakai masker. Apalagi jika Anda tidak punya tempat khusus untuk isolasi.

2. Minum Obat Sesuai Gejala

Jika Anda mengalami gejala demam dan nyeri di sekujur tubuh minumlah Paracetamol atau Ibuprofen. Jika batuk minum obat batuk dan pengencer dahak.

3. Pantau Saturasi Pernafasan

Jika mengalami sesak, Anda harus terus memantau saturasi pernafasan Anda. Jika terus menurun segera dapatkan batuan medis.

4. Akhiri Isoman

Jika Anda tidak bergejala, akhiri isolasi setelah 10 hari, Anda tidak perlu melakukan tes PCR lagi. Jika Anda bergejala akhiri isolasi dalam 10 hari plus 3 hari bebas gejala terutama bebas demam dan masalah pernafasan.

Untuk gejala berat harus melakukan PCR dan penilaian dokter secara holistik.

Selama isolasi mandiri usahakan untuk istirahat, makan makanan bergizi serta vitamin.

5. Vaksin

Dapatkan vaksin 1 hingga 3 bulan setelah Anda sembuh. Saat ini vaksin gratis masih disediakan pemerintah. Silakan mendaftar di tempat vaksinasi di daerah Anda.

Itulah langkah yang harus Anda lakukan jika Anda ataupun keluarga terkena Covid-19. Ingat jangan panik dan stress karena itu akan membuat imunitas tubuh Anda turun yang mungkin akan memperparah gejala Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *