Deretan Negara yang Menutup Penerbangan dari Indonesia

Pelayananpublik.id- Sejumlah negara menutup penerbangan yang berasal dari Indonesia. Hal itu karena lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia khususnya yang varian Delta.

Negara-negara itu sedang mengurangi angka kedatangan dari Indonesia ke negara mereka dan meminimalisir Covid-19 yang mungkin dibawa penumpang asal Indonesia.

Adapun negara-negara yang menangguhkan penerbangan dari Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Hong Kong

Hong Kong adalah salahsatu negara yang menutup penerbangan asal Indonesia.

Larangan penerbangan asal Indonesia ke negara tersebut diberlakukan sejak 25 Juni 2021 pukul 00.00 waktu setempat.

Melansir Kompas.com, Senin, kebijakan tersebut merupakan buntut dari adanya beberapa penumpang asal Tanah Air yang positif Covid-19.

Tidak hanya itu, otoritas Hong Kong juga menetapkan Nusantara dalam kategori negara A1 atau berisiko tinggi penularan Covid-19 bersama beberapa negara lainnya yakni India, Nepal, Pakistan, dan Filipina.

2. Arab Saudi

Arab Saudi juga menjadi negara yang melarang penerbangan dari Indonesia.

Larangan itu diberlakukan mulai 3 Februari 2021. Pemerintah Arab Saudi telah melarang penerbangan dari 20 negara termasuk Indonesia, Jepang, Argentina, dan Amerika Serikat.

Begitupun, larangan tidak berlaku bagi pejabat Arab dan nakes yang datang dari penerbangan itu.

3. Singapura

Negara lainnya yang memperketst kedatangan dari Indonesia adalah Singapura.

Keputusan tersebut dikeluarkan Kemenkes Singapura, Sabtu (10/7/2021), lewat situs resminya.

Dalam situs tersebut, dikatakan bahwa kebijakan tersebut berlaku mulai Senin (12/7/2021). Singapura mengurangi jumlah kedatangan dari Indonesia untuk warga negara non-Singapura, serta mereka yang bukan penduduk permanen Singapura.

Selain itu, seluruh wisatawan yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam kurun waktu 21 hari terakhir tidak akan diizinkan transit di sana.

4. Uni Emirat Arab

UEA juga memberlakukan penangguhan penerbangan dari Indonesia mulai, Minggu (11/7/2021). Mereka menangguhkan kedatangan wisatawan yang telah berada di Indonesia selama 14 hari sebelum terbang ke UEA.

Pemerintah UEA juga melarang warganya untuk berkunjung ke Indonesia. Namun, terdapat pengecualian untuk hal itu.

Adapun, pengecualian termasuk untuk misi diplomatik, keperluan darurat, delegasi resmi, serta delegasi ekonomi dan ilmiah yang sudah diizinkan sebelumnya.

5. Oman

Oman telah menangguhkan penerbangan dari Indonesia sejak Jumat (9/7/2021) hingga waktu yang belum ditentukan. Selain Indonesia, mengutip Kompas.com, Senin, negara tersebut juga menghentikan penerbangan dari negara lain seperti Singapura, Irak, Iran, Tunisia, Libya, Argentina, Kolombia, dan Brunei Darussalam.

6. Taiwan

Pada Jumat (25/6/2021), pemerintah Taiwan masih berlakukan larangan masuk bagi seluruh pekerja migran dari Indonesia sejak Desember 2020. Adapun, hal ini karena kasus Covid-19 di Asia Tenggara termasuk Indonesia masih terus naik.

7. Jepang

Jepang telah melarang kedatangan dari 152 negara termasuk Indonesia sejak April 2021. Awalnya, larangan tersebut hanya berlaku selama 14 hari. Namun, hingga saat ini masih belum ada keputusan resmi dari pemerintah Jepang terkait pencabutan larangan tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *