Google Meet Resmi Batasi Durasi 60 Menit per Hari

Pelayananpublik.id- Platform Google Meet memang menjadi sangat populer sejak pandemi Covid-19 melanda. Google Meet digunakan untuk rapat, seminar bahkan kelas online.

Namun belakangan Google sudah membatasi durasi panggilan menjadi hanya 1 jam atau 60 menit per harinya. Pembatasan ini berlaku untuk Google Meet versi gratis.

Demikian dilansir dari 9to5Google, Selasa (13/7/2021)

Seperti yang diketahui Google pertama kali menggratiskan layanan Meet untuk semua pengguna pada April 2020 dengan batas waktu panggilan 24 jam dan jumlah partisipan hingga 100 orang.

Kemudian mereka berencana membatasi Meet versi gratis pada 30 September 2020, tapi dibatalkan demi membantu pengguna tetap bisa berkomunikasi selama libur akhir tahun.

Google kemudian memperpanjang layanan Meet versi gratis sampai 31 Maret 2021, dan setelah itu diperpanjang lagi sampai 30 Juni 2021.

Setelah itu Google membuat layanan Meet versi gratis untuk pengguna Gmail resmi dibatasi.

Setelah keputusan ini pengguna Gmail yang ingin mengakses Meet secara gratis sekarang hanya bisa melakukan panggilan video atau rapat online dengan tiga orang atau lebih selama 60 menit. Adapun jumlah partisipan yang boleh bergabung masih tetap yakni 100 orang.

Dalam mode gratis pengguna akan hanya bisa menikmati 60 menit panggilan dimana pada menit ke-55, semua partisipan akan menerima notifikasi bahwa panggilan mereka akan segera berakhir.

Pengguna kemudian diminta untuk meng-upgrade akun Google mereka jika ingin melanjutkan panggilan.

Upgrade akun yang dimaksud Google adalah dengan berlangganan layanan Google Workspace. Google sendiri baru saja meluncurkan edisi Workspace Individual di lima negara dengan biaya berlangganan USD 9,99 per bulan.

Pengguna yang sudah berlangganan layanan Workspace bisa menikmati layanan Google Meet premium seperti panggilan video hingga 24 jam, fitur rekaman, breakout rooms, dan layanan produktivitas lainnya yang ditawarkan oleh Google.

Namun, jika tidak mau membeli paket langganan itu, oengguna masih bisa mengakali pembatasan ini dengan membuat link baru untuk bisa melanjutkan rapat atau percakapannya hingga 60 menit selanjutnya.

Untungnya, untuk panggilan yang hanya melibatkan dua partisipan, atau one-on-one, tetap bisa dilakukan selama 24 jam. Pembatasan durasi 60 menit hanya berlaku untuk panggilan dengan tiga partisipan atau lebih. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *