Pekan Depan, Ada Obat Covid-19 Gratis untuk Pasien yang Tidak Mampu

Pelayananpublik.id- Pemerintah menganjurkan pasien Covid-19 yang begejala ringan untuk isolasi mandiri (isoman) di rumah. Namun di tengah PPKM darurat ini banyak warga yang tidak bisa bekerja, sehingga tidak mampu membeli obat.

Dari itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana akan membagikan paket obat-obatan gratis bagi penderita Covid-19 yang kurang mampu pada pekan depan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengakatan obat ini nantinya akan diprioritaskan bagi pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri.

“Diutamakan yang berlatar belakang sosial ekonomi rendah,” katanya dikutip dari Merdeka, Senin (12/7).

Selain ituKoordinator PPKM Daruat Provinsi Jawa dan Bali tersebut menegaskan, salah satu syarat untuk mendapat obat dari pemerintah itu adalah menunjukkan hasil tes swab PCR.

Sementara itu, Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang turut hadir dalam rakor virtual tersebut menyatakan kesiapan pihaknya untuk menyusun mekanisme pencatatan, penyaluran, dan sosialisasi obat-obatan tersebut.

“Untuk kecamatan dan desa kami tentu akan terus dengan dokter dan bidan desa untuk edukasi pasien, dan bersama Babinsa juga nanti akan membantu,” ujar Panglima Hadi.

Mengenai alur pembagian obat Covid-19 gratis itu, ia mengatakan obat disediakan Kimia Farma lalu akan disalurkan, KESDAM (Kesehatan Daerah Militer) sebagai pendistribusi obat berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan PKM terkait pasien positif berdasarkan data New All Records (NAR) dan triase gejala pasien, dan dilanjukan oleh babinsa sebagai pengantar obat dan edukasi pasien. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *