Daftar Tempat Jogging di Kota Medan

Pelayananpublik.id- Berolahraga adalah satu hal penting yang dilakukan untuk menjaga kesehatan serta imunitas tubuh. Apalagi di saat pandemi seperti ini, tubuh harus selalu fit bugar dan segar.

Jadi, menerapkan pola hidup sehat adalah kewajiban orang yang ingin tubuhnya terhindar dari penyakit. Salahsatunya adalah dengan berolahraga.

Olahraga tidak selalu harus yang berat, bisa juga ringan namun tetap keluar keringat. Contoh olahraga ringan adalah jogging.

Jogging dilakukan orang dari berbagai kalangan dari yang muda sampai tua bahkan anak-anak pun suka melakukannya. Jogging atau berlari santai bisa dilakukan sendirian juga beramai-ramai bersama teman dan keluarga sehingga lebih seru.

Di kota-kota besar, biasanya banyak lokasi taman kota yang bisa dijadikan tempat jogging. Tempat jogging juga biasanya ramah untuk berbagai kalangan.

Tentu saja itu terserah masing-masing orang memilih tempat jogging sesuai seleranya. Ada yang suka tempat sepi, ada juga suka yang ramai, ada yang suka tempat ramah anak dan banyak penjual jajanannya.

Nah, di Kota Medan ada beberapa tempat yang cocok untuk olahraga jogging baik pagi hari, sore bahkan malam hari. Tempat-tempat itu bukan hanya digunakan orang yang fokus olahraga, tapi sekaligus tempat rekreasi bersama keluarga.

Adapun daftar tempat jogging di Medan yang bisa Anda kunjungi adalah sebagai berikut.

1. Taman USU

Taman USU terletak di dalam kampus Universitas Sumatera Utara (USU). Di masa sebelum pandemi, USU merupakan tempat favorit mahasiswa dan warga sekitar untuk jogging.

Letak taman USU tepat di depan gedung rektorat Universitas Sumatera Utara dan lebih tepatnya terletak diantara pintu 2 dan pintu 3 USU atau di sebras rumah sakit USU.

Taman yang satu ini lebih ramai diisi pengunjung pada saat sore hari, baik itu dari masyarakat umum maupun mahasiswa dari kampus tersebut.

Tempatnya yang luas dan bersih serta asri sangat mendukung jika Anda ingin fokus berolahraga.

Selain olahraga, Anda juga bisa membawa keluarga dan anak-anak berjogging di sana karena tidak terlalu banyak kendaraan yang berlalu-lalang. Selain itu anak-anak bisa dibawa berolahraga sambil melihat rusa.

2. Lapangan Merdeka

Salahsatu tempat olahraga yang berada di pusat kota Medan adalah Lapangan Merdeka alias Lapmer. Lapmer berlokasi di depan stasiun kereta api Medan.

Tempat ini hampir setiap hari ramai pengunjung karena banyak orang yang berolahraga disana. Bukan cuma berolahraga, tapi ada juga yang mengajak keluarganya sekedar refreshing dan bermain di lokasi.

Lapangan merdeka biasanya sering dijadikan sebagai tempat event-event besar, dan tak jarang juga orang berekreasi kesini.

Adapun fasilitas yang disediakan pemerintah adalah lapangan lari, lapangan bulutangkis dan lainnya. Sehingga banyak orang yang melakukan olahraga di lapangan merdeka.

3. Taman Ahmad Yani

Taman Ahmad Yani merupakan salahsatu tempat yang asik buat jogging. Taman yang terletak di di antara jalan Sudirman dan jalan Imam bonjol ini memiliki banyak sekali fasilitas,

Mulai dari fasilitas olahraga yang lengkap, mushola, toilet, hingga pemerintah kota medan menyediakan fasilitas wifi yang disediakan untuk masyarakat yang berkunjung ke taman yang satu ini.

Selain itu, taman ini juga memiliki pepohonan yang rimbun dan tanaman yang banyak. Jadi buat kamu yang suka dengan suasana pepohonan yang rimbun, tempat inilah yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan tempat untuk kamu berolahraga.

4. Taman Cadika

Bagi Anda yang tinggal di daerah Johor atau Titi Kuning, maka Taman Cadika adalah pilihat tepat untuk lokasi jogging.

Nama Cadika sendiri dari kepanjangan “Cabang pendidikan kader pramuka”. Jadi sebetulnya taman ini adalah tempat kegiatan pramuka. Namun maayarakat umum masih bisa masuk untuk olahraga.

Taman yang satu ini memiliki pemandangan yang bagus. Pemerintah mengkonsep taman yang satu ini dengan alam yang terbuka, dengan pohon-pohon yang rimbun dan ditambah lagi dengan adanya danau yang menjadikan tempat ini juga bisa untuk piknik dan rekreasi.

5. Taman Gajah Mada

Di taman yang satu ini sering dipadati orang yang sedang berolahraga setiap sorenya.

Taman yang satu ini dilengkapi dengan lapangan lari, lapangan basket, lapangan futsal, lapang voli, dan bulu tangkis, dan taman yang satu ini juga dilengkapi alat olahraga.

Selain fasilitasnya, taman yang satu ini memiliki pohon yang juga rimbun. sehingga banyak orang yang menjadikan taman yang satu ini sebagai pilihan untuk tempat berolahraga sore maupun pagi.

Taman gajah mada sendiri terletak di Jl.Gajah mada medan.

6. Taman Teladan

Ini adalah salahsatu tempat yang ramai pengunjung khususnya di hari libur. Selain oleh pengunjung, taman ini juga diramaikan oleh berbagai penjual makanan. Jadi selain olahraga, Anda juga bisa menikmati kuliner yang berada di sekitar lokasi.

Taman Teladan berlokasi di depan Stadion Teladan Medan. Tak heran, jika disini sangat ramai pengunjungnya.

Taman yang satu memiliki pohon-pohon tua yang rimbun dan kokoh, yang akan menghasilkan suasana sejuk.

7. Lapangan Benteng

Selain Lapangan Merdeka, Medan juga punya Lapangan Benteng yang bisa dijadikan lokasi jogging.

Lapangan Benteng berlokasi di pusat kota, di dekat kantor Walikota Medan atau lebih tepatnya di depan Kantor DPRD Sumut.

Sering para pelari atau orang hobi dengan olahraga jogging, menjadikan lapangan benteng sebagai tempat pemanasan dan menjadikannya tempat untuk memulai mengelilingi kota medan.

8. Taman Sri Deli

Tempat jogging di Medan yang juga recommended adalah Taman Sri Deli.

Taman Sri Deli berada di dekat Masjid Raya Al-manshun dan Istana Maimun.

9. Taman Tirta Kartika Gaperta

Taman yang satu ini sering dijadikan sebagai tempat olahraga nya para tentara. Dikarenakan tempat yang satu ini dekat dengan pemukiman para abdi negara.

Dan tak sedikit juga masyarakat umum yang melakukan kegiatan olahraga disini.

Dengan fasilitas tempat jogging dan alat olahraga lainnya, menjadikan taman yang satu ini menjadi pilihan orang-orang.

Demikian ulasan mengenai tempat jogging yang ada di Kota Medan. Semoga menambah wawasan Anda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *