Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Medan, Akreditasi, Prodi, Biaya Kuliah, dan Jalur Masuk

Pelayananpublik.id- Ketika duduk di bangku SMA, para pelajar tentu telah melirik kampus favoritnya tempat ia melanjutkan studinya.

Meski perguruan tinggi swasta kini tak kalah saing, namun tak bisa dipungkiri, dominan pelajar akan berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Seperti yang diketahui, perguruan tinggi negeri selalu menjadi incaran pelajar sehingga tak heran jika mereka mengerahkan seluruh kemampuan dan usaha untuk bisa masuk sebagai mahasiswa. Usaha yang dilakukan bisa berupa les, bimbel, bahkan mengikuti try out atau percobaan ujian.

Setelah itu, ketika sudah lulus para pelajar akan berjuang masuk universitas negeri melalui berbagai jalur.

Untuk tahun 2021 jalur masuk universitas negeri ada 3 yakni:

– Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

– Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

– Seleksi Mandiri.

Pendaftaran seleksi penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri tahun ini dikoordiinir oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)

Ketiga jalur ini mempunyai kuota masing-masing. Kuota SNMPTN minimum 20 persen, SBMPTN minimum 40 persen, dan seleksi Mandiri maksimum 30 persen.

Nah, berbicara tentang perguruan tinggi negeri, Sumatera Utara memiliki beberapa PTN yang selalu diincar para pelajar. PTN di Sumut berpusat di Medan.

Berikut akan kami rangkum sekilas informasi dan profil perguruan tinggi negeri di Medan.

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan universitas tertua di Sumatera dan telah berstatus perguruan tinggi negeri-berbadan hukum (PTN-BH) sejak tahun 2016. Universitas Sumatera Utara juga termasuk dalam daftar 20 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Luas Kampus USU tercatat 920 hektare, dengan perincian Kampus Padang Bulan 120 hektare, Kampus Bekala 300 hektare, dan Kampus Tambunan 500 hektare.

Selain bangunan kampus, USU juga punya Rumah Sakit yang berstatus kelas B dan dibuka untuk umum.

Rumah Sakit (RS) USU adalah salah satu green building pertama di USU yang didesain dengan mempertimbangkan penghematan energi dan ramah lingkungan. Saat ini, RS USU memiliki 17 poliklinik yakni anak, bedah, kebidanan dan kandungan, penyakit dalam, THT, mata, syaraf, kulit kelamin, jantung, rehabilitasi medis, bedah syaraf, orthopaedi, bedah anak, tumbuh kembang, psikiatri kesehatan jiwa, paru, dan anasthesi.

Pada 2018, USU telah meraih akreditasi A. Terdapat 61 program studi yang akreditasi A dan 84 akreditasi B.

Daftar Fakultas di USU

– Fakultas Ekonomi dan Bisnis

– Fakultas Farmasi

– Fakultas Hukum

– Fakultas Ilmu Budaya

– Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

– Fakultas Kedokteran

– Fakultas Kedokteran Gigi

– Fakultas Kehutanan

– Fakultas Keperawatan

– Fakultas Kesehatan Masyarakat

– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

– Fakultas Pertanian

– Fakultas Psikologi

– Fakultas Teknik

Jalur Masuk USU

Untuk masuk USU ada beberapa jalur yang bisa dipilih yakni:

1. SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah kata lain dari jalur undangan. Undangan siswa berprestasi dari kampus ke sekolah-sekolah.

Jalur SNMPTN ini menggunakan nilai rapor SMA/MA/SMK dari semester 1 sampai dengan semester 5 untuk masa belajar 3 tahun. Sedangkan untuk SMK dengan masa belajar 4 tahun menggunakan nilai rapor dari semester 1 sampai dengan semester 7.

Selain menggunakan nilai rapor, seleksi SNMPTN juga menggunakan prestasi selama siswa belajar di sekolah tersebut, baik prestasi tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

2. SBMPTN

Tak lulus jalur undangan, Anda bisa mencoba SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan seleksi mahasiswa baru yang menggunakan nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

Ujian Tulis UTBK bisa diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK dari 3 tahun terakhir dari tahun penyelenggaraan SBMPTN.

Selain itu, kelompok ujian UTBK sendiri terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu kelompok saintek, kelompok soshum, dan kelompok campuran.

3. SMM USU

Tak juga berhasil di SBMPTN, Anda bisa mencoba jalur SMM (Seleksi Mahasiswa Mandiri). Yakni seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Sarjana dan Diploma yang diselenggarakan secara mandiri oleh USU dalam bentuk ujian tulis berbasis komputer.

4. SPMPD

Selain 3 jalur itu, ada pula SPMPD (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma). Seperti namanya, seleksi ini khusus untuk mahasiswa yang berminat mengambil studi diploma (D3).

Seleksi ini juga diselenggarakan oleh USU dalam bentuk ujian tulis.

Para peserta dari ujian SPMPD bisa memilih sebanyak 3 program studi pada program diploma.

Biaya Kuliah

USU menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang disesuaikan dengan kemampuan keluarga mahasiswanya.

UKT Universitas Sumatera Utara dibagi 7 kelompok/kriteria uang kuliah kepada mahasiswa paling rendah Rp 500.000. Biaya pendidikan tertinggi untuk program regular di fakultas kedokteran mencapai Rp 6.200.000 per semester.

Alamat USU

Alamat: Jl. Dr. T. Mansur No. 9, Padang Bulan, Medan 20155

Telepon: 061-8214033, 8214210, 8211414, 8211416, 8213427, 8213211, Fax: 061-8211212

Website: www.usu.ac.id

2. Politeknik Negeri Medan

Salahsatu kampus incaran para calon mahasiswa di Medan adalah Politeknik Negeri Medan alias Polmed.

Polmed berada di dalam Kampus USU, Anda bisa masuk lewat pintu 3 dan 4 USU jika ingin ke lokasi.

Dulunya sebelum berdiri sendiri Polmed masih bernama Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU).

Polmed juga merupakan salahsatu perguruan tinggi yang telah lama berdiri di Medan. Politeknik ini berdiri sejak 20 September 1982.

Polmed juga selalu mencetak lulusan-lulusan yang siap tempur di dunia kerja. Terbukti, lulusan dari kampus ini banyak yang bekerja di sektor BUMN maupun swasta.

Akreditasi

Pada tahun 2020 Polmed telah mendapat akreditasi dengan peringkat “B” berdasarkan surat keputusan nomor 399/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/VI/2020 dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

POLMED mempunyai banyak program studi yang terbagi menjadi program studi D-III dan program studi D-IV.

Daftar Jurusan / Program Studi Polmed

1. Program Diploma III

– TEKNIK MESIN

– TEKNIK SIPIL

– TEKNIK KONVERSI ENERGI

– TEKNIK LISTRIK

– TEKNIK ELEKTRONIKA

– TEKNIK TELEKOMUNIKASI

– TEKNIK KOMPUTER

– MANAJEMEN INFORMATIKA

– PERBANKAN & KEUANGAN

– AKUNTANSI

– ADMINISTRASI BISNIS

2. Program Diploma IV

– M I C E

– TEKNIK PERANCANGAN JALAN & JEMBATAN

– MANAJEMEN REKAYASA KOSNTRUKSI GEDUNG

– PERBANKAN & KEUANGAN SYARIAH

– AKUNTANSI KEUANGAN PUBLIK

– MANAJEMEN BISNIS

Jalur Masuk Polmed

Untuk masuk Polmed, Anda bisa memilih salahsatu jalur berikut ini:

– SNMPN, yakni undangan dari kampus ke sekolah.

– SBMPN yakni seleksi ujian tertulis berlaku nasional.

– Jalur KIP, yakni jalur beasiswa KIP kuliah merupakan beasiswa yang dipersiapkan untuk mereka dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan kuliah Politeknik Negeri, POLMED juga dipercaya sebagai penyelenggara beasiswa ini.

– Jalur Kerjasama POLMED, yakni jalur yang diperuntukan untuk lembaga yang menjalin kejasama dengan POLMED salah satunya beberapa perguruan tinggi dan perusahaan yang terlibat langsung melalui sistem pendaftaran ini.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah di Polmed tergantung dari jurusan apa yang diambil. Untuk program D3, biaya kuliah berkisar Rp500 ribu hingga Rp3,2 juta per semester sedangkan untuk D4 biaya kuliahnya Rp4,8 juta per semester.

Alamat Polmed

Alamat: Jl. Almamater No. 1, Kampus USU, Medan 20155

Tel. 061-8210371, 8211235

Website: www.polmed.ac.id

3. Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Unimed berdiri 23 Juni 1963 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan. Perubahan menjadi Universitas Negeri Medan dilaksanakan pada bulan Februari 2000 dengan SK Presiden No. 124 Tahun 1999, tanggal 7 Oktober 1999.

Berbeda dengan USU, Unimed menyediakan jurusan keguruan. Dimana mahasiswanya memang dicetak sebagai guru sehingga gelarnya ketika lulus adalah sarjana pendidikan (S.Pd). Begitupun Unimed tetap membuka jurusan non pendidikan.

Akreditasi

UNIMED secara institusi kampus telah mendapatkan akreditasi “A” berdasarkan SK Nomor 2988/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 dari BAN PT.

Daftar Fakultas di Unimed

– Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

– Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)

– Fakultas Ilmu Sosial (FIS)

– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

– Fakultas Teknik (FT)

– Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)

– Fakultas Ekonomi (FE)

Jalur Masuk Unimed

Untuk masuk Unimed ada beberapa jalur yang bisa dipilih yakni:

1. SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah kata lain dari jalur undangan. Undangan siswa berprestasi dari kampus ke sekolah-sekolah.

2. SBMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan seleksi mahasiswa baru yang menggunakan nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

3. SMM

SMM (Seleksi Mahasiswa Mandiri). Yakni seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Sarjana dan Diploma yang diselenggarakan secara mandiri oleh Unimed dalam bentuk ujian tulis berbasis komputer.

Biaya Kuliah

Pada TA 2019/2020 UKT Unimed dikelompokkan menjadi 8 (delapan) level.

Level tertinggi atau kelompok VII berkisar pada angka Rp 6.500.000 dan Rp 7.500.000 sesuai dengan jurusan program studi yang diambil.

Alamat Unimed

Universitas Negeri Medan berlokasi di Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Percut Sei Tuan.

Telepon: 061-6613365, Fax. 061-6614002, 6613319

Website: www.unimed.ac.id

4. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU)

UINSU merupakan universitas negeri keagamaan Islam yang ada di Sumut. Kampus UINSU Terletak di Jalan Pasar V Medan Estate (Sebrang Unimed).

UINSU dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAIN SU) yang diresmikan 17 November 1973. Pada 18 Oktober 2014 melalui Peraturan Presiden Nomor 131 tahun 2014, IAIN SU berubah nama menjadi UIN SU. UIN SU adalah Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Agama.

Mengenai akreditasi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara ini telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat B dari BAN PT berdasarkan surat keputusan nomor 4056/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017.

Adapun program studi yang telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat A antara lain S-1 Ekonomi Islam, S-1 Hukum Ekonomi Syariah, S-1 Perbandingan Mazhab, serta S-1 Aqidah dan Filsafat Islam.

Daftar Fakultas di UINSU Medan

– Fakultas Dakwah dan Komunikasi

– Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

– Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

– Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum

– Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam

– Fakultas Kesehatan Masyarakat

-.Fakultas Ilmu Sosial

– Fakultas Sains dan Teknologi

Jalur Masuk UINSU

Untuk masuk UINSU, Anda bisa mencoba 5 jalur yang disediakan, yakni:

1. SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), yakni jalur undangan dari kampus ke sekolah.

Seleksi menggunakan nilai rapor dari semester 1 sampai dengan semester 5 untuk SMA/MA/SMK.

2. SBMPTN

Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yakni seleksi penerimaan mahasiswa baru menggunakan nilai UBTK dan atau kriteria lain yang ditetapkan oleh pihak PTN.

UBTK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) bisa diikuti oleh lulusan 3 tahun terakhir dari SMA/MA/SMK dan sederajat, serta lulusan paket C.

3. Jalur SPAN-PTKIN

SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Tinggi Keagamaan Islam Negeri) yakni seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam sistem terpadu yang diselenggarakan serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

4. UM-PTKIN

Jalur UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) merupakan seleksi yang diselenggarakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri, Institut Agama Islam Negeri, dan Sekolah Tinggi Agama Islam dalam sistem terpadu.

5. Jalur Mandiri

Jalur ini merupakan seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh UIN Sumatera Utara Medan untuk semua program studi baik umum maupun program studi agama.

Biaya Kuliah

Sacara umum, nominal yang dikeluarkan per semesternya mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp2.000.000 untuk seluruh fakultas.
Secara lebih terperinci, kisaran biaya kuliah terbagi menjadi dua, yang menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan tanpa UKT. Untuk kelompok UKT, maka biaya kuliahnya dimulai dari Rp700.000 per semester, sedangkan di luar kelompok UKT dimulai dari Rp2.500.000 per semester.

Alamat UINSU

Alamat: Jl. Willem Iskandar, Pasar V, Medan Estate, Medan 20371

Telepon: 061-6615683, 6622925,
Fax. 061-6615683

Website: www.iainsu.ac.id

5. Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan Medan (PolteKes Depkes Medan)

PolteKes Depkes Medan merupakan Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Kesehatan.

PolteKes Depkes Medan resmi didirikan tahun 1998. Berlokasi di Jalan Jamin Ginting Km 13,5 Kel. lau Cih, Kec. Medan Tuntungan.

Akreditasi Poltekes Depkes Medan

Poltekkes Medan saat ini sudah terakreditasi “B” dengan sertifikat akreditasi berdasarkan keputusan BAN-PT No 122/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2018 yang berlaku hingga 6 Juni 2023.

Daftar Jurusan Poltekes Medan

– D III TEKNOLOGI

– LABORATORIUM MEDIS

– D III FARMASI

– D III GIZI

– D III KEPERAWATAN

– D III KESEHATAN GIGI

– D III KESEHATAN LINGKUNGAN

– D III KEBIDANAN

– SARJANA TERAPAN GIZI

– SARJANA TERAPAN KEPERAWATAN

– SARJANA TERAPAN KEBIDANAN

– SARJANA TERAPAN SANITASI

– PENDIDIKAN PROFESI BIDAN DARI D IV

Jalur Masuk Poltekes Medan

– Jalur PMDB yakni undangan ke sekolah bagi siswa berprestasi.

– Jalur SIMAMA yakni jalur tes serentak

– Jalur SIMAMI, yakni jalur Mandiri, tes yang dilaksanakan secara mandiri oleh Poltekkes.

Biaya Kuliah

Biaya Kuliah di Poltekes Depkes Medan adalah mulai Rp4,1 juta hingga Rp8,5 juta per semester tergantung prodi yang diambil.

Alamat Poltekes Depkes Medan

– Kampus 1: Jl. Jamin Ginting Km. 13,5, Kel. Lau Cih Medan, Tuntungan (Prodi Keperawatan Gigi, Kebidanan)

– Kampus 2: Jl. William Iskandar Pasar V Barat No. 6, Medan Estate (Prodi Analis Kesehatan)

– Kampus 3: Jl. Kapten Selamat Ketaren Kabanjahe (Prodi Kesehatan Lingkungan)

– Kampus 4: Jl. Airlangga No. 20, Medan (Prodi Farmasi)

– Kampus 5: Jl. Negara Simpang Tanjung Garbus Lubuk Pakam (Prodi Gizi).

– Kampus 6: Jl. Bunga Ncole Medan (Prodi Keperawatan)

– Kampus 7: Jl. Pane no. 36, Pematang Siantar (Prodi Kebidanan)

– Kampus 8: Jl. Mandailing Sigulang Pijorkoling, Padangsidimpuan (Prodi Kebidanan)

6. Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Negeri Medan

Awalnya PTKI adalah Pendidikan Teknologi Kimia Industri berdiri tahun 1983. Melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 376/MPK.E/KL/2014, 23 April 2014, maka resmi berubah nama menjadi Politeknik Teknologi Kimia Industri.

Lokasi di jalan Medan Tenggara No. VII, Medan Tenggara, Medan Denai. PTKI merupakan Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Perindustrian.

Akreditasi PTKI Medan

Pada tahun 2015 PTKI telah mendapat akreditasi B dari BAN PT.

Biaya Kuliah

– SPP semester I TA. 2017/2018: Rp1.500.000.

– Uang Pembinaan Disiplin dan Mental Mahasiswa Baru (PDM2B): Rp500.000.

– Uang kelengkapan (Jaket almamater, asuransi, buku panduan, BRI, KTM,dan Kartu pustaka) Rp535.000.

– Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Rp130.000.

Alamat PTKI Medan

Kampus Politeknik Teknologi Kimia Industri Jalan Medan Tenggara VII, Medan, Sumatera Utara 20228

7. Politeknik Pariwisata Negeri Medan

Bernama awal Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BPLP) yang didirikan tahun 1991 dan diresmikan 18 Agustus 1991. Pada 12 Februari 1997 resmi berubah status menjadi Akademi Pariwisata (Akpar) Medan sesuai SK Menparpostel No. KM.26/ot.mppt-97.

Akpar Medan adalah lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Terletak di Jalan Rumah Sakit Haji No. 12, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan.

Akreditasi

Akreditasi Akpar Medan tergantung prodinya masing-masing.

Daftar Jurusan

– D3 Manajemen Divisi Kamar

– D3 ManajemenTata Boga

– D3 Manajemen Tata Hidangan

– D3 Manajemen Patiseri

– D3 Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata

– D3 Manajemen Usaha Perjalanan Wisata

Biaya Kuliah

Biaya kuliah Rp1,7 juta per semester dan Rp 700 ribu per semester biaya asrama.

Alamat Kampus

Jl Rumah Sakit Haji No. 12, Medan – 20371 Sumatera Utara

Telp : 061 6632182 Fax : 061 6620311 Handphone : 0811 6388 856

Email : pmb@poltekparmedan.ac.id

8. Politeknik Negeri Media Kreatif (PoliMedia)

Polimedia dulunya adalah Balai Pelatihan Teknologi Grafika (BPTG) Medan tahun 1995 kemudian diubah menjadi Balai Grafika Medan tahun 2004.

Dengan keputusan Mendiknas No.154/E/O/2011 tanggal 1 agustus 2011 selanjutnya berganti nama menjadi Politeknik Negeri Media Kreatif Program Studi Diluar Domisili Medan atau Polimedia Kreatif PSDD Medan.

Akreditasi PoliMedia

PoliMedia Medan berhasil meraih akreditasi A dari BAN PT pada 2021.

Daftar Jurusan

– Jurusan Desain

Program Studi D3 Desain Grafis

Program Studi D3 Multimedia

Program Studi D3 Fashion Design

Program Studi D4 Game Technology

Program Studi D4 Animasi

– Jurusan Penerbitan

Program Studi D3 Penerbitan

Program Studi D3 Periklanan

Program Studi D3 Penyiaran

Program Studi D3 Fotografi

– Jurusan Teknik Grafika

D3 Teknik Grafika

D3 Teknik Kemasan

– Jurusan Pariwisata

D4 Pengelolaan Perhotelan

D3 Seni Kuliner

Jalur Masuk

– PMDK
– Bidik Misi
– UMPN

Biaya kuliah

Biaya kuliah Polimed Kreatif adalah berdasarkan UKT yang pada tahun 2015 dibagi pada 7 golongan. Biaya per semester adalah mulai Rp500 ribu hingga Rp6 juta.

Alamat

PSDKU Kampus Medan:
Jl. Guru Sinumba No.6 Medan Helvetia, Medan 20124

Ph: +62-61-8457568
Fax: +62-61-8472896

Demikian ulasan mengenai perguruan tinggi negeri yang ada di Medan. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *