Daftar Stasiun Kereta Api yang Layani Vaksinasi COVID-19 Gratis

Pelayananpublik.id- Sejumlah perusahaan transportasi telah menyediakan layanan vaksinasi Covid-19.

Salahsatunya adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menyediakan layanan vaksinasi gratis di beberapa stasiun mulai hari ini, Sabtu (3/7/2021).

Hal ini dibenarkan VP Public Relations KAI Joni Martinus.

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Ia mengatakan pelaksanaan vaksinasi di stasiun ini ditujukan untuk membantu melengkapi persyaratan calon pelanggan Kereta Api Jarak Jauh di masa PPKM Darurat.

“Inovasi ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah guna mempercepat program vaksinasi Covid-19 di Indonesia,” ujarnya dikutip dari Okezone.

Ia mengatakan saat ini terdapat enam stasiun yang sudah melayani vaksinasi bagi pelanggan KA Jarak Jauh, yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Jember.

“Secara bertahap KAI akan menambah jumlah stasiun yang melayani Vaksinasi tersebut,” ujar Joni.

Adapun syarat untuk menggunakan layanan ini, kata Jhoni yaitu harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin COVID-19.

“Rencanakan dengan baik antara waktu vaksinasi dan jadwal keberangkatan Anda, untuk menghindari keterlambatan naik Kereta Api. Kuota yang disediakan di masing-masing stasiun pun terbatas setiap harinya,” ujar Joni. (*)