Apa Itu Gambar Ilustrasi, Ciri, Fungsi, Hingga Contohnya

Pelayananpublik.id- Ketika Anda membaca sebuah artikel, mungkin Anda sering menemukan gambar ilustrasi pendukung artikel tersebut.

Biasanya gambar ilustrasi itu akan menguatkan isi artikel atau hanya sekedar mewaliki judul artikel. Tapi yang jelas, gambar ilustrasi dibuat bukan tanpa manfaat.

Ada bermacam tujuan orang membuat gambar ilustrasi misalnya memperjelas isi buku, memperindah, dan lainnya.

Pengertian Gambar Ilustrasi

Menurut asal bahasa, ilustrasi berasal dari Bahasa Belanada yakni ilustratie, artinya hiasan atau gambar.

Berdasarkan terminologinya, ilustrasi adalah hasil hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik gambar, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya. Ilustrasi menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.

Sedangkan berdasarkan KBBI, ilustrasi adalah gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya; gambar, desain atau diagram untuk penghias (halaman sampul dan sebagainya; (penjelasan) tambahan berupa contoh, bandingan, dan sebagainya untuk memperjelas paparan (tulisan dan sebagainya).

Agar lebih paham, mari kita simak apa pengertian ilustrasi menurut pendapat ahli berikut ini.

Menurut Rohidi (1984:87), ilustrasi dapat diartikan sebagai penggambaran suatu hal melalui elemen rupa untuk lebih menerangkan, menjelaskan, atau memperindah suatu teks sehingga pembaca dapat seolah-olah merasakan langsung sifat-sifat gerak, dan kesan cerita yang disajikan.

Martha Thoma (dalam Sofyan, 1994: 171) menyebut ilustrasi merupakan suatu karya seni yang mengambil inspirasi dari karya kesustraan untuk menghiasi naskah dan membantu menjelaskan cerita atau mencatat peristiwa.

Menurut Soedarso (1990:1), pengertian ilustrasi adalah seni gambar atau seni lukis yang diabadkan untuk kepentingan lain yang memberikan penjelasan atau mengiringi suatu pengertian, misalnya cerpen di majalah.

Sedangkan Fariz (2009:14), mengatakan ilustrasi adalah suatu ekspektasi dari ketidakmungkinan atau angan-angan yang sifatnya maya atau virtual.

Tujuan Gambar Ilustrasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas gambar ilustrasi dibuat untuk beberapa tujuan yakni:

Beberapa tujuan ilustrasi adalah sebagai berikut.

1. Menarik Minat Pembaca

Gambar ilustrasi yang unik dan menarik bisa meningkatkan ketertarikan pembaca untuk membaca teks entah itu buku, majalah, artikel dan lainya.

Sehingga tak jarang seorang ilustrator dibayar mahal jika karyanya dipajang di sampul buku atau novel.

2. Memperjelas Makna Tulisan

Tujuan lain gambar ilustrasi adalah memperjelas maksud yang ingin sampaikan. Selain itu, hadirnya ilustrasi membantu pembaca dalam mengembangkan imajinasinya terhadap bacaan.

3. Sebagai Logo

Nah, selain digunakan dalam media tulisan, sebuah ilustrasi juga bisa dimanfaatkan sebagai logo oleh suatu perusahaan. Logo mengandung arti penting bagi identitas perusahaan dalam mempromosikan produk mereka. Dengan ilustrasi yang baik maka promosi produk akan lebih mudah dilakukan.

4. Menciptakan Kesan

Ilustrasi unik dan menarik akan menimbulkan kesan yang baik dan bermakna bagi pembaca.

5. Memperlihatkan Keunikan

Semakin unik dan menarik suatu ilustrasi, maka akan semakin membuat orang penasaran akan konten yang dibawakan melalui ilustrasi tersebut.

7. Menarik Pembaca Membaca Judul

Dalam karya tulis, hadirnya ilustrasi membantu pembaca untuk membaca judul. Dengan membaca judul maka dapat mempengaruhi minat pembaca untuk membuka isi konten tulisan tersebut.

7. Sarana Komunikasi Produk

Produsen akan semakin mudah mengenalkan produk kepada konsumen dengan bantuan ilustrasi. Misalnya kemasan produk yang menarik lebih mempengaruhi minat pembeli daripada kemasan produk yang tidak menghadirkan unsur ilustrasi di dalamnya.

Fungsi Ilustrasi

– Deksriptif, yakni gambar ilustrasi dapat memberikan penjelasan ringkas suatu tulisan sehingga lebih cepat dipahami pembacanya.

– Ekspresif, yakni ilustrasi berfungsi menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk gambar merupakan fungsi ekspresif dari ilustrasi.

– Kualitatif, yakni ilustrasi berfungsi sebagai penyampaian informasi penting dapat dilakukan dengan ilustrasi dalam bentuk grafik, tabel, simbol, dan lain-lain.

– Analitis, dalam proses analitis, suatu ilustrasi dapat digunakan untuk menjelaskan bagian-bagian suatu benda secara rinci.

Contoh Ilustrasi

1. Karikatur

Karikatur adalah gambaran wajah seseorang atau suatu objek dengan cara dilebih-lebihkan. Misalnya seorang politikus digambarkan berbibir tebal sambil tertawa.

Biasanya detailnya ada pada wajah, sementara tubuhnya dibuat kecil saja. Jadi kepalanya digambarkan lebih besar dan detail dibandingkan tubuhnya.

Kata karikatur berasal dari kata Italia “caricare” yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan.

2. Gambar Kartun

Gambar kartun mirip dengan karikatur, namun gaya gambarnya tidak dilebih-lebihkan. Gambar kartun adalah ilustrasi berupa gambar lucu dari manusia, hewan, tumbuhan, dan benda mati, yang digunakan untuk melengkapi suatu cerita. l

3. Ilustrasi Naturalis

Ilustrasi ini dibuat dengan bentuk dan warnanya sesuai dengan kenyataan yang ada di alam tanpa penambahan dan pengurangan.

4. Ilustrasi Dekoratif

Gambar ilustrasi dengan bentuk yang dilebih-lebihkan atau disederhanakan untuk menghiasi sesuatu.

5. Ilustrasi Khayalan

Nah sesuai namanya gambar yang dihasilkan adalah sesuai imajinasi pembuatnya. Misalnya wanita dengan rambut berbentuk flaminggo. Jenis ilustrasi ini banyak digunakan pada novel, komik, dan roman.

6. Ilustrasi Cergam

cergam atau cerita bergambar merupakan jenis komik yang berisi gambar dan teks dengan sudut pandang yang menarik.

Demikian ulasan mengenai gambar ilustrasi, mulai dari pengertian, tujuan, fungsi hingga jenis dan contohnya. Semoga bermanfaat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *