Sudah Dapat Sertifikat Vaksin Covid-19, Tak Perlu Pamer di Medsos, Bahaya!

Pelayananpublik.id- Sertifikat Vaksin Covid-19 kini menjadi salahsatu syarat untuk bepergian ke luar kota bagi daerah yang terkena PPKM Mikro Darurat.

Mendapatkan sertifikat vaksin Covid-19 pun kadang menjadi kebanggan sendiri bagi beberapa orang hingga mereka memamerkannya di media sosial.

Namun tahukah Anda bahwa mengunggah sertifikat vaksin Covid-19 di medsos justru berbahaya?

Imbauan dari Kepolisian

Melansir dari akun Instagram @divisihumaspolri, Divisi Humas Polri mengimbau masyarakat untuk tidak mengunggah sertifikat vaksin Covid-19 di media sosial.

Hal itu karena sertifikat digital vaksin Covid-19 memuat kode QR yang mengandung data pribadi Anda. Jadi jika Anda mengunggahnya, itu sama saja Anda mengumbar data pribadi Anda.

“Stop Unggah Sertifikat Vaksin Di Medsos!

Sudahkah kalian vaksin Covid-19?

Bagi kalian yang sudah melaksanakan vaksin, pastinya akan mendapatkan sertifikat digital vaksin Covid-19.

Sertifikat digital vaksin Covid -19 itu memuat QR Code yang wajib dilindungi karena di dalamnya memuat data pribadi kamu lho..

Jadi.. Jangan pernah unggah sertifikat digitalnya ya.. karena bisa saja datanya disalahgunakan untuk kejahatan,” demikian dikutip dari @divisihumaspolri.

Untuk diketahui, mengunggah sertifikat digital vaksin Covid-19 berisiko terjadinya pembobolan data, terutama yang berkaitan dengan pinjaman online atau data kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, jangan unggah sertifikat vaksin Covid-19 di media sosial. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *