Segera Hapus, Ini Deretan Aplikasi Yang Bisa Curi Data dari Ponsel Anda

Pelayananpublik.id- Pencurian data para pengguna Android bukanlah hal baru. Belakangan ini banyak kasus pencurian dan penyalahgunaan data yang merugikan.

Salahsatu hal yang bisa membuat data Anda dicuri adalah ketika ponsel Anda disusupi malware lewat berbagai aplikasi. Salah satu malware yang berbahaya adalah Joker.

Malware Joker diketahui sudah mengganggu pengguna Android selama tiga tahun terakhir.

Menurut Laporan dari Quick Heal Security Labs, ada beberapa aplikasi Android yang ditemukan membawa malware Joker dan berpotensi mencuri data pribadi pengguna secara diam-diam.

Aplikasi pembawa Malware itu ditemukan di Google Play Store. Untungnya, delapan aplikasi ini sudah dilaporkan ke Google dan telah dihapus dari Play Store.

Disebut berbahaya adalah karena Malware Joker bisa mencuri informasi pribadi dari perangkat korban lewat SMS, daftar kontak, dan informasi perangkat. Malware ini juga bisa berinteraksi dengan situs iklan secara diam-diam.

Bahkan, Joker bisa mendaftarkan korban ke situs berlangganan premium tanpa sepengetahuan mereka. Akibatnya, korban tidak hanya kehilangan data pribadinya tapi juga uangnya.

Aplikasi itu sudah menyebarkan malware saat pertama kali dibuka akan meminta akses untuk notifikasi. Aplikasi ini kemudian mengambil data SMS dari notifikasi dan meminta akses kontak.

Ketika aksesnya sudah diberikan, aplikasi ini juga akan mengatur izin untuk membuat panggilan telepon. Aplikasi nakal ini kemudian akan memonitor semua data ini dan berfungsi secara normal tanpa memperlihatkan aktivitas yang mencurigakan.

Adapun daftar aplikasi yang membawa Malware Joker adalah sebagai berikut:

– Auxiliary Message

– Fast Magic SMS

– Free CamScanner

– Super Message

– Element Scanner

– Go Messages

– Travel Wallpapers

– Super SMS

Quick Heal mengatakan malware ini biasanya disebarkan di Play Store lewat aplikasi scanner, wallpaper dan messaging. Aplikasi jenis ini biasanya cepat populer karena fungsinya yang banyak dicari pengguna.

Dari itu, Anda sebaiknya berhati-hati saat akan mengunduh aplikasi di Playstore. Sebaiknya Anda hanya mengunduh aplikasi dari developer yang sudah dipercayai. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *