Notifikasi ‘Google Terus Berhenti’ Bukan Karena Gagal Update, Ini Cara Mengatasinya

Pelayananpublik.id- Pengguna android di Indonesia mengeluhkan kemunculan notifikasi atau pop up tentang eror Google.

Sejumlah pengguna Android hari ini, Selasa (22/6) mendapati ponselnya terus menerus menampilkan pop-up notifikasi error berbunyi “Google terus berhenti” atau “Google keeps stopping” dalam setelan Bahasa Inggris.

Pop up ini mengganggu karena terus menerus muncul meski sudah ditutup. Bahkan ada pengguna Android yang mengira ponsel miliknya gagal melakukan update sehingga terjadi eror.

Padahal, hal itu bukan karena kesalahan pada ponsel atau gagal update. Pop up itu muncul karena pihak Google sedang melakukan perbaikan sistem.

Akibatnya, selain pop up yang selalu muncul, sejumlah layanan Google, seperti Search dan Gmail turut dikeluhkan tidak dapat berfungsi.

Perbaikan sistem oleh Google ini juga berdampak pada pengguna Android di luar Indonesia, alias berlangsung secara global.

Google menjelaskan cara mengatasinya adalah dengan melakukan soft reboot dengan menahan tombol power 30 detik.

“Hi Maciej, maaf Anda mengalami masalah dengan perangkat. Penting bagi kami untuk menyelesaikan masalah ini,” kicau @madebygoogle menanggapi keluhan seorang pengguna Android.

Adapun caranya adalah sebagai berikut.

– Buka menu setting ponsel kemudian buka bagian pengelolaan aplikasi.

– Cari dan buka aplikasi Google dari daftar yang muncul.

– Lalu, klik menu berlambang tiga titik di pojok kanan atas dan pilih “Hapus instalan pembaruan”.

– Klik “Ok” di prompt yang muncul.

Namun, ini mungkin hanya solusi sementara. Perbaikan sepenuhnya boleh jadi harus menunggu Google menyalurkan update lain untuk menambal bug, seperti dalam kasus eror Android WebView beberapa waktu lalu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *