Jangan Panik, Ini Deretan Efek Samping Normal Usai Divaksin Covid-19

Pelayananpublik.id- Salahsatu upaya menekan kasus Covid-19 adalah dengan vaksinasi massal warga Indonesia.

Saat ini vaksinasi sudah dilakukan dalam beberapa tahap, menyasar kelompok prioritas terlebih dahulu.

Begitupun, banyak orang yang enggan divaksin karena takut akan efek sampingnya.

Perlu diketahui bahwa vaksin memberikan efek beragam di masing-masing tubuh. Jadi ketika si A demam usai divaksin, belum tentu orang lain mengalami hal yang sama.

Efek atau gejala ikutan dari vaksinasi Covid-19 ada beragam seperti demam, lelah, nyeri sendi dan sebagainya. Namun itu semua masih tergolong efek normal.

Berikut adalah efek normal dari vaksinasi Covid-19.

1. Demam

Demam merupakan efek samping yang mungkin dialami setelah pemberian vaksinasi. Demam merupakan efek normal dari kerja vaksin di tubuh manusia. Hal ini mungkin muncul karena sistem kekebalan tubuh yang bekerja dan mengenali vaksin sebagai benda asing yang muncul ke tubuh.

Demam ini umumnya bakal reda dengan sendirinya setelah satu hingga dua hari. Disarankan untuk beristirahat dan banyak minum air ketika kamu mengalami efek samping berupa demam ini.

2. Lengan Linu

Salah satu efek yang paling banyak muncul dari pemberian vaksinasi adalah rasa linu dan ngilu di bekas suntikan. Pada beberapa orang, kondisi ini disertai dengan kemerahan serta bengkak di titik suntikan.

Untuk menangani masalah ini kamu bisa mengompresnya dengan sesuatu yang dingin seperti kain yang direndam air atau es. Hal ini bisa meredakan rasa ngilu serta mengurangi bengkak yang muncul.

3. Kelelahan

Ini juga efek yang banyak dirasakan para penerima vaksin. Mereka merasa lelah dan mudah mengantuk usai divaksin.

Jadi usai divaksin, usahakan istirahat yang cukup.

4. Sakit Kepala

Sakit kepala juga merupakan efek samping yang banyak dilaporkan terjadi setelah pemberian vaksinasi COVID-19. Untuk mengatasinya, kamu cukup mengonsumsi sejumlah obat sakit kepala yang bisa dibeli di toko.

5. Mual

Rasa mual juga bisa muncul usai menerima vaksinasi COVID-19. Konsumsi air yang cukup disertai istirahat atau bahkan obat bisa menjadi jalan keluar bagi efek samping ini.

6. Nyeri Otot

Nyeri otot di sekujur tubuh merupakan efek samping lain dari vaksinasi COVID-19. Jika hal ini terjadi, jalan keluarnya adalah istirahat atau konsumsi obat pereda sakit yang sama seperti ketika kamu mengalami sakit kepala.

7. Pembesaran Kelenjar Getah Bening

Walau cukup jarang terjadi, efek samping ini juga mungkin muncul dan tergolong normal. Kondisi ini bisa terjadi selama beberapa minggu dan bisa diatasi dengan menggunakan obat atau cukup dibiarkan saja selama beberapa waktu hingga mengecil sendiri.

Nah itulah deretan efek normal dari vaksinasi Covid-19. Gejala-gejala ringan seperti di atas masih bisa dimaklumi atau diatasi jadi tidak perlu melapor ke Puskesmas.

Namun jika Anda merasa gejala lebih berat misalnya nyeri otot sampai tidak bisa jalan, maka segeralah melapor ke Puskesmas terdekat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *