Sampai Juni 2021, Ada 1.364 Bencana Terjadi di Indonesia, 493 Meninggal Dunia

Pelayananpublik.id- Sepanjang tahun 2021 hingga awal Juni tercatat ada 1.364 bencana alam yang terjadi di Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 5,3 juta warga terdampak dan 493 korban jiwa dan 12.831 jiwa luka-luka akibat bencana tersebut.

“Sampai dengan 1 Juni 2021, kami mencatat ada 1.364 kejadian bencana, baik itu bencana hidrometeorologi yang mendominasi antara lain banjir, diikuti puting beliung dan tanah longsor,” jelas Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dikutip dari Merdeka, Rabu (2/6/2021).

bank sumut selamat hari raya idul fitri

Bahkan, kata dia, dua pekan belakangan ini terjadi tren peningkatan angka kasus penularan Covid-19 di Tanah Air. Kendati begitu, hingga saat ini angka kesembuhan sudah mencapai 1,6 juta.

“Dua minggu terakhir ini kasus Covid memang mengalami peningkatan, namun kita berupaya untuk terus melakukan tindakan ataupun antisipasi gejolak meningkatnya Covid-19 ini,” ujar dia.

Menurut Ganip, langkah antisipasi menekan peningkatan kasus Covid-19 dilakukan dengan menggencarkan program vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat. Ganip menekankan vaksin amat penting diberikan guna memutus penyebaran Covid-19.

“Dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan untuk masyarakat serta membantu percepatan proses pemulihan ekonomi,” pungkasnya. (*)